Friday, June 7, 2013

Budaya 'Ngaret' yang Semakin Akut

Suatu ketika, gue lagi bersantai di kasur kosan. Tiba-tiba di whatsApp muncul notification chat baru di grup, yah itu grup apaan kalian ga perlu tau lah yaa.. Bukan kok, bukan grup pengedar narkoba, tenang aja.. Temen grup gue intinya nanya di grup whatsApp, 'jam berapa nanti kumpulnya?'. Dan gue yang ketinggalan informasi berharga ini tiba-tiba kaget dan pengen banget ngepo. Abis ngepoin tuh, akhirnya gue tahu kalo temen-temen se grup bakalan mau ngumpul. Yah, ngumpul apaan juga kalian ga perlu tau sih, tenang, bukan mau ngumpul kebo kok =_=


So, akhirnya gue gabung sama orang-orang yang sibuk ngepo satu sama lain "Nanti jam berapa ngumpulnya ?"

Nah, banyak tuh yang jawab, ada juga yang galau mau berangkat jam berapa. Salah satu temen gue yang juga mau ngumpul bilang, "Acaranya sih jam 9, cuman gue berangkat jam 10 aja, pasti ngaret lah anak-anak.. "

Yoi pemirsa. Jadi inilah yang akan kita bahas di pertemuan kita kali ini. Permasalahan 'ngaret' yang telah beranak pinak di Indonesia. Dan bahkan mungkin sudah ada varian lainnya di beberapa negara tertentu.

Pernah gak sih  kalian 'memang sengaja dateng telat karena mikir -pasti ngaret-' kalo lagi janjian sama orang ?
Sama loh kea kasus yang baru gue alamin. Bahkan nih ya, orang-orang Indonesia sendiri malah memberikan penghargaan khusus pada Negara nya sendiri, yak yaitu BEST NGARET COUNTRY IN THE WORLD.
Gampang banget kita nemuin orang yang pesimistik melihat budaya ngaret yang sudah mendarahdaging di Indonesia ini.
 "Yaudah sih paling juga nanti ngaret anak-anak" / "Udahlah sante aja, acaranya nanti paling juga molor" / "Gausah buru-buru, nanti jalan kesana 15 menitan, belum ngaretnya"

Dan seterusnya, dan seterusnya..

Masyarakat Indonesia selalu pesimistik dengan sebuah utopia "Indonesia yang tepat waktu".
"Ah mana ada Indonesia tepat waktu, pasti ngaret" dan selanjutnya dan seterusnya dan sebagainya, seakan-akan memunculkan slogan "Kalo lo orang Indonesia, lo harus ngaret !" "Nggak ngaret nggak Indonesia !"


Lalu mau sampai kapan kita mau meneruskan budaya negatif ini ?

Cuy, bayangin deh, kalau misalkan tiap individu pola pikirnya uda kea gitu, "ngaret" yang sebetulnya akan terjadi di masa depan akan benar-benar terjadi. Ngerti nggak ? Maksudnya, kalau pikiran orang-orang nggak diisi dengan pola pikir seperti itu, kekhawatiran akan ngaret tidak akan terwujudkan di kenyataan karena orang-orang berpikir dengan pola tepat waktu.
Namun kalau yang terjadi adalah sebaliknya, orang-orang udah yakin duluan bakalan ngaret, maka individu akan males-malesan dan akhirnya kejadian juga ngaretnya.
Bener kan ya ?

Kalo mau gue analogikan nih ya, hal ini sama aja dengan ketika kita membuang sampah sembarangan. Misalkan di sebuah kebun (cieh kebun, mari kita berkebun bu'.. ) kita lagi rekreasi sambil gelar tiker sama bawa bekal kan ya, trus tempat bekal kita susun 3 gitu lucu banget ada gambar hello kitty nya lagi canda-candaan sama winnie the pooh, trus bangga banget karena bisa ngedapetin box itu dengan harga diskon bro ! Gilak bayangin ! Cuma 10ribu doank ! (Emm, yang terakhir nggak penting. Lupakan ! ). Lalu di sekitar tempat kita tersebut banyak sampah berserakan. Suatu ketika kita terpaksa harus membuang sebuah sampah. Mengetahui di sekitar kita emang udah banyak sampah, lalu kita pikirnya kea gini "Yaudah lah orang-orang juga buang sampah disini, buang sini aja lah" dan akhirnya *plung* kita buang sampah sembarangan. (tapi nggak 'plung' juga sih bunyinya.. tergantung tempatnya yah =_= )

Hal pesimistik kea gitu tuh bikin Indonesia nggak bener. Karena kita pikirannya udah pesimistik duluan, yang ada malah "efek domino" terus-terusan. Maka dari itulah gue bilang kalo budaya ngaret sudah semakin akut. Soalnya tiap individu di Indonesia udah nggak ada jiwa-jiwa optimis buat pengen bertindak sebenar-benarnya. Yaiyalah kalo mikir yang bener, dateng janjian ya tepat waktu, buang sampah ya pada tempatnya. Kalau semuanya sudah berpola pikir kea gitu, dijamin deh Indonesia bisa lebih kerenan dikit..

Sama seperti kampanye-kampanye go green nih. Selamatkan bumi kita, mulai dari hal yang kecil. Mulai dari kita sendiri. Ingat cuy ! Kita sendiri ! Kita duluan yang harus dibenerin ! Kalo masing-masing dari kita udah bener, semuanya akan bener dengan sendirinya. Nggak repot kok cuy !

Jadi intinya, Author WTP menghimbau kepada para pemirsa WTP sekalian, agar selalu tepat waktu dan buang sampah pada tempatnya !
Mulai dari sekarang ! Mulai dari diri kita sendiri ! Berpikirlah optimis bahwa Indonesia bisa ! Kita bisa ! Uh Yeaahhh !!

Tumben gue biijak

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
WOE-ing soon
07062013-17:34

No comments:

Post a Comment