Thursday, June 13, 2013

Tren Tablet yang Membuat Dilema

Tau gak sih ? Gue pengen banget punya sebuah tablet. Yak, tren tablet mulai mewabah ketika tahun 2010. Dan saat itu gue masih berada di bangku SMA yang masih seneng banget bisa punya handphone SE warna Orange, lupa tipenya apah, yang penting ada kamera bagus, bisa browsing, sms, telpon : udah seneng.


Cuman ketika udah masuk perkuliahan nih ya, di sana sini ngeliat orang punya tablet. Baik yang merk bagus maupun yang biasa aja alias KW berapaa gitu. Yah pemirsa tau sendiri lah ya merk apa.

Timbul deh rasa pengen punya tablet. Keanya keren gitu. Dan emang keren menurut gue.

Namun ketika ngeliat harganya : Waow ! Sampe berjuta-juta pemirsa !
Daya beli masyarakat Indonesia sekarang sudah kuat banget sih, jadinya permintaan mereka bisa semena-mena, alias nggak mikir duit lagi ! Kalo gue ? Beasiswa belum dapet, kerja sampingan sebagai professional MC and Moderator serta EO  ( nyindir mantan.. wakakaka :D ) aja nggak.. Kalopun beasiswa dapet pun juga nggak bakal bisa nutupin biaya buat beli.. =_=
Iya, tablet kea gitu rasanya menggoda banget. Bisa pakai aplikasi yang sedang tren, kamera tentu lebih lebar, tinggal sentuh, udah berasa komputer masa depan, simpel, elegan, bisa dibawa kemana-mana, pokoknya yagitu deh : menarik.

Yah, cuman mau gimana lagi pemirsa. Meskipun gue telah terpengaruh dan orangnya suka banget ngiri dan gampang pengen, ya mau gimana lagi ?
Secara fungsional, memiliki tablet sendiri juga nggak terlalu urgent buat gue. Laptop sudah ada, handphone berkamera sudah ada.. Dan sebenernya Tablet bagi gue hanya sekedar gaya-gayaan..

Sama seperti ketika mewabah Blackberry. Gue udah berhasil untuk tidak mengikuti arus mainstream dengan tidak mengganti handphone dengan Blackberry. Kenapa ? Emang nggak pengen ? Nggak !
Hihihihi, kalau kasusnya Blackberry, gue emang nggak ada chemistry aja. Masih suka pake Handphone SE.

Cuman ketika Tablet sudah datang, terutama dengan merk Samsung yang OH MY GOD sangat elegan ituh. Mana mungkin gue nggak tertarik coba ?
Ditambah lagi, ngeliat di Facebook maupun Twitter, keanya gue ketinggalan jauh banget. Orang-orang terutama orang-orang gaul dan berduit pasti udah nggak update status secara manual di "What's in your mind?"nya Facebook. Pasti mereka menggunakan sarana lain seperti Path, atau apalah.. Ya, pasti "via lalala" 
Sekarang, orang-orang juga nggak posting foto mereka secara manual "Upload your photo" nya Facebook. Meskipun ujung-ujungnya juga nongol di Facebook, tapi pasti "via lalala"
Biasanya sih sekarang "via Instagram"

Keren nggak sih ? Biasa aja sih sebenernya. Cuman karena yang menggunakannya banyak banget dan menjadi budaya massa, gue susah banget untuk melawan arus ini. Rasanya pengen banget mengikuti arus ini dan terseret bersamanya. Karena gue emang suka dengan ke-elegan-an Tablet, atau Iphone, beserta aplikasi-aplikasinya, jadi gue ngerasa kalau 'nggak apa kalau gue terseret di arus yang ini'
Namun apa daya, ternyata untuk mengikuti arus ini perlu biaya !

Secara ontologis sih, ada tablet yang harganya terjangkau oleh tabungan rahasia gue di balik tumpukan baju lemari. Cuman, gue keanya emang jadi consumer society nya Jean Baudrillard deh.. Mengonsumsi merk.

Ya ! Karena tren tablet ini masih terbilang muda, maka merk elegan tentu saja didominasi oleh Samsung dan kawan-kawannya.. Sementara itu, karena umur tren ini masih muda, barang KW nya atau buatan perusahaan lain yang murah seakan menjadi barang kelas dua.
Eh ini pemikiran naif gue aja sih, jangan tersinggung ya pemirsa yang pake produk tersebut. Sebenernya nggak ada bedanya kok. Hanya pada merk. Ya, gue ini kenapa sih naif banget, pengennya merk tertentu. Padahal secara fungsional sama aja.. Haihh...

Dan karena kondisi pemikiran gue yang katrok dan naif ini, gue merasa tertekan karena nggak bisa mendapatkan apa yang gue pengenin : Tablet Samsung.
Huhuhuhu, gue udah ngikut-ngikut lomba-lomba nulis yang hadiahnya Samsung Galaxy lalala..
Juga ikut lomba yang hadiahnya bisa mengcover biaya untuk beli produk yang tidak terlalu penting bagi gue ini..


Tapi hasilnya : gue masih aja hanya bisa berharap.


Pemirsa, tolong bantu gue. Kalian sayang Author kalian kan ? Bantuin gue kalo gitu, tolong sadarkan gue kalau memiliki Tablet itu nggak terlalu penting. Masih penting menabung untuk masa depan. Masih penting kebutuhan yang lainnya. Tolong pemirsa, yakinkan gue untuk tidak membelanjakan duit tabungan gue di bawah tumpukan baju lemari untuk barang-barang yang sekiranya nggak perlu. Tolong doakan juga pemirsa, semoga gue bisa bertahan dan tidak mudah tergoda untuk beli barang-barang tersier.. Yaolo sedih banget gue..

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At FIB
Still hoping to get a tablet
13062013-17:19

No comments:

Post a Comment