Sunday, June 2, 2013

Inspirasi untuk Mulai Menulis

Cuy, kangen gak sih sama gue ? Kalo kalian kangen silahkan kasih gue boneka Teddy Bear sebesar orang biar bisa gue peluk kalo tidur malem... Kalo nggak kangen ? Beliin gue siomay ! =_= Hahaha.. Iya nih, keanya Author WTP kali ini mau nggak mau harus balik ke peradaban blogger kembali. Soalnya apa ? Soalnya udah mulai masuk masa-masa liburan ! UAS tinggal beberapa aja, tugas tinggal satu dua, tapi ada repot ngurusin acara orientasi Mahasiswa Baru, cuman, masih kurang kegiatan nih !


Yah oleh karena itulah, mau nggak mau, gue harus nyari kesibukan untuk mengisi waktu luang yang sangatlah luang seluang luangnya. Ya iyalah, gara-gara harus (dan emang pengen) aktif di kegiatan di kampus, alhasil gue gak bisa pulang cepet ke tanah kelahiran gue yang ada di bagian timur pulau Jawa ini. Yaoloo sedih banget ya gue terakhir liat rumah bulan Februari awal ! T_T.
Yah, meskipun begitu, gue harus tetep tabah dan kuat ! Soalnya ini demi masa depan gue juga ! Masa iya mau nganggur di rumah nggak produktif selama 3 bulan ? Yakali masa hidup yang cuma sekali ini terbuang sia-sia selama 3 bulan ? Kalau selama 3 bulan bisa produktif, kenapa harus pilih pulang kampung dan nganggur di rumah selama 3 bulan juga ?

Jadi gitu deh, Author WTP secara resmi mengumumkan bahwa kegiatan tambahan yang akan dilakukannya adalah : mulai aktif kembali menulis artikel di blog.

Yoi banget deh, tentu pemirsa semua pada gak sabar donk cuy dengan pengumuman kece kea gini. Hihihihi yah iya lah ya, orang penggemar WTP aja mencapai ribuan, masa iya gue mau balik nulis gak ada yang excited ? Hihihii.. Lupakan !

Hahaha, tapi masalahnya nih, untuk mulai menulis dan rutinitasnya tetap terjaga, gimana sih ya caranya ? Kadang ( kalo gue sih sering ) kita diserang oleh rasa males dan rasa pengen ngegame yang sangat intens. Kadang pula, kesibukan kita di luar aktivitas menulis membuat kita menjauh dari blog kita tersayang. Sehabis pulang melakukan aktivitas bejibun itu tuh, di kamar bawaannya pengen ngegame aja, refresh otak, abis itu makan, trus tidur.. Hmm, baiklah pemirsa, gue ngaku kalo gue curhat.. =_=

Nah, dengan latar belakang itulah, Author WTP akan membagikan sebuah tips untuk menulis secara rutin dan bebas dari rasa malas !
Cuman, keanya ini paradoks banget sih, gue ngasih tips biar semangat nulis tapi gue sendiri nggak menggunakan tips itu, dih harusnya sih gue malu, cuman gue kan gak tau malu... Puas lo puas ??!

Jadi intinya, mau nggak dikasih tips ? Yaudah dengerin donk jangan protes aja. Mau gue ngelakuin tips gue kek, mau enggak kek, itu urusan... siapa ya ? Hihihii

Inspirasi ini jujur datang dari Isna. Oke, pantes lah ya kalau Isna masuk dalam 7 orang yang mendapatkan gelar Thanks. Nah kalo kalian pengen diberi gelar dalam Thanks the second edition, kasih lah gue inspirasi dan pencerahan.. Hihihi..
Ceritanya gini, kami berlima lagi Rapat Bidang untuk tim Pusgerak. Nah, Isna baru-baru ini menerbitkan buku pertamanya berjudul Titik(:)

Nah, salah seorang anggota tim kami namanya Lifi, nanya ke Isna, pertanyaannya gini nih, tapi dengan interpretasi gue yah gak persis sama : "Kak Isna sama kak Kuma kok bisa ya rajin nulis gitu, kalo gue sih males dan gak ada waktu gitu padahal ada ide yang pengen ditulis"
Nah trus si Isna jawab, sekali lagi ini pake interpretasi gue : "Bukan karena gak ada waktu Fi, cuman gimana kita bisa meluangkan waktu aja, barang sebentar untuk menulis, itu cukup"

Setelah Isna ngomong begitu, gue yang saat itu lagi vakum nulis karena males, sangat tertusuk.
Gue jadi merasa bersalah kenapa gue menelantarkan WTP yang dirintis sejak tahun 86 ini.. Eh gue belum lahir ya segitu -_-
Tapi tetep aja ! Yang namanya males tetep aja males ! Mau gimana lagi donk, Tuhan sudah menggariskan takdir bahwa kita harus males di saat kapan dan di mana.. ( halah x_x )
Hihihi..

Meskipun setelah mendengar ucapan Isna itu gue tetep males dan nggak juga aktif menulis, namun indeed, Isna bener-bener ngasih pencerahan buat nulis. Emang ada suatu dorongan aktif berkarya yang baru, bener-bener baru, nggak cuma dalam bidang nulis sih, tapi bidang apapun.
Nih ya, satu hari itu ada 24 jam. Tiap manusia di dunia ini punya waktu yang sama. Ya, sebenarnya bukan karena seseorang memiliki waktu lebih banyak ataupun seseorang punya sedikit waktu. Permasalahannya bukan berkutat di sekitar situ, karena sebenarnya waktu kita semua sama. Antara gue yang mahasiswa biasa ini dengan Brad Pitt di Amerika sana, sehari sama-sama punya 24 jam. Antara dirimu yang hobi nyanyi dengan Agnes Monica yang Go Internasional ituh, sehari juga punya 24 jam. Antara kita yang pengangguran akut ini dengan Mark Zuckerberg yang menghasilkan duit banyak ituh, sama-sama punya waktu 24 jam sehari !
Tuh kan semuanya adil, lalu kenapa bisa ada perbedaan achievement ?

Yah, jawabannya adalah Manajemen Artis !
Eh salah ding, waktu ! bukan artis ! Hihihi, juga faktor-faktor lain sih, seperti keberuntungan dan faktor daya dukung lainnya, misal kegeniusan otak, keluarga kaya raya yang mendukung dan sebagainya pemirsa.. -_-

Cuman, yang paling adil dan bisa kita semua lakukan adalah manajemen waktu !
Kita nggak bisa memaksakan diri operasi plastik biar jadi ganteng / cantik hanya untuk bisa jadi aktor sinetron, kita bisa mengatur waktu kita untuk lebih berlatih akting kita dan voila ! Jadilah aktor.. ( eh nggak sesimpel itu juga sih.. )
Kita nggak perlu menggugat dunia karena kita bego dan gak punya otak secemerlang Grand Master muda dunia.. Yang bisa kita lakukan adalah mengatur waktu kita untuk lebih sering berlatih dan voila ! Jadilah Grand Master.. ( ini juga nggak sesimpel yang Anda kira sih.. )
Wakakakaka...

Intinya, ketika kita ingin lebih daripada yang lain, usaha yang kita tampilkan juga harus lebih..
Waktu kita sama, terutama dalam hal menulis..
Contohnya nih ya : Jam 7 sampe jam 8, dua orang sama-sama longgar waktunya, yang membedakan adalah yang satunya meluangkan waktu 15 menit di depan laptopnya untuk menulis dan 45 menit ke depannya santai-santai maen gundu, dan yang satunya lagi sejam penuh buat maen Barbie !
Pertanyaannya : Siapa yang lebih produktif pemirsa ??!
Jawabannya : Yang nulis artikel ini ! Hihihihihi :D

Semoga tulisan ini membantu pemirsa yang hendak memulai karir menulisnya, ataupun yang lagi males menulis kea gue =_=
Dan semoga gue setelah ini jadi lebih sering nulis ! Hihihi..
Amin :)

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
Eager to write something
02062013-14:20

1 comment: