Sunday, October 26, 2014

Di Balik Jogging





Hari ini gue memutuskan untuk jogging. Alasannya sederhana, karena gue pengen sesuatu
yang baru, dan karena gue pengen menghancurkan lemak-lemak di perut yang menutupi six pack gue. Hahaha.

But that’s true ! Di samping pengen ngelatih pernafasan juga biar kalo karaoke bisa jreeeeeeeeng, gue juga pengen ngebentuk kaki yang lebih kenceng, paha dan bokong nggak bergelambir kayak sekarang. Dan alhasil gue memutuskan dengan tekad bulat untuk jogging sore hari ini. Gue ngajak Esti, adek kelas gue yang memang atlit lari. Dia punya jadwal latihan jogging tersendiri, dan yang pasti dia punya passion di bidang perlarian (heuh perlarian -_-).

Biasanya, Permata UI, organisasi paguyuban daerah gue, ngadain acara jogging bareng seluruh anggota. Namun biasa lah anak muda, permasalahannya kalo nggak males, susah bangun tidur, ya banyak tugas. Karena gue nggak bisa terus menerus mengandalkan Permata UI, ya jadilah gue harus bergerak sendiri dengan ngajakin atlit larinya UI = Esti. Karena kalau gue ngajak Esti, pasti chance ‘iya’  nya tinggi banget. Selain itu gue juga bisa belajar banyak dari sang atlit sendiri, tentu tentang dunia perlarian (-_-).

Sore jam 4, tanggal 26 Oktober 2014, gue ketemu Esti di gang dan akhirnya mulai berlari di jalur jogging lingkar UI. Awalnya gue biasa-biasa aja, gue lari bareng Esti dan diajarin cara nafas yang bener, cara jatuh kaki yang bener, dan tips ketika kalau udah capek. Gue sambil dengerin Bruno Mars – Marry You. Ngeliat alam UI sore itu yang syukurnya nggak panas, ada awan banyak banget ! Cuacanya sangat pas untuk berolahraga.

Akhirnya kami lari menyusup ke mana-mana, sampai menara air, ke rotunda, dan balik menuju stasiun. Di Rotunda, gue udah lemes banget, gue pun nanya ke Esti sampai mana kita lari. “Sampai Stasiun lagi mas” dan disambut keluhan gue “Heeee ?? Capekk !!!”.

Esti nggak ada capek-capeknya, emang atlit kali ya, dan gue baru pertama kali jogging setelah sekian lamanya : dua bulan apa ya ? Esti nyemangatin gue, dan gue ngerasa udah kayak gembel yang ga makan 1 bulan : jalannya keseok-seok. Gue udah lemes banget, nafas juga udah sakit di dada, perut sengkil, dan postur tubuh udah gak tegap lagi. Mata udah ke mana-mana, tapi Esti tetep ngoceh sambil ekspresinya gak ada capek-capeknya sama sekali. Gila, lemah banget gue ya, pikir gue.

Sampai depan MUI, gue udah pengen nyerah aja. “Ayo mas dikit lagi, pasti bisa kok, itu cuma sugesti aja” oceh Esti lagi. Gue cuma diem aja dan iya-iyain dalam hati. Sumpah, rasa pengen nyerah itu luar biasa banget. Fisik yang sudah nggak kuat lagi, terus dipaksakan, mempengaruhi pikiran gue untuk segera menghentikan lari ini.

Esti pun ngoceh lagi, “Ayo mas dikit lagi, tanggung banget kalau berhenti sekarang”

Dan gue tiba-tiba di saat itu mikirin sesuatu.

Gue tiba-tiba jadi kepikiran kehidupan gue sebagai mahasiswa. Mahasiswa semester 7. Yang saat ini bergulat dengan Metpen, pra skripsi. Yang sungguh sangat menyita tenaga, pikiran, waktu. Yang segera pengen lulus  dan dapet gelar sarjana. Yang segera pengen bekerja, nyari duit. Yang segera pengen bersenang-senang. Yang ingin segera mengakhir perjuangan berat ini.

Oh.. iya juga ya.. Sama.. Ini sama dengan yang gue alami, pikir gue saat itu, masih dengan badan lemas terseok-seok dan mata kabur. Esti benar, tanggung banget kalau gue menyerah saat itu juga, padahal tinggal sedikit lagi tujuan gue bakal tercapai. Gue yang saat ini sedang lelah banget menghadapi Metpen, tugas-tugas, dan sebagainya, lupa kalau sebetulnya gue harus tetap bersemangat dan nggak boleh putus asa. Karena apa yang ingin gue tuju tinggal sedikit lagi, sudah di depan mata. Kalau gue tiba-tiba berhenti berlari di depan FH, gue merasa gue nanti bakal nyesel karena nggak ngepush diri gue sendiri untuk bertahan, menahan rasa sakit dan terengah-engah ini. Padahal Stasiun UI sudah di depan mata, gue bisa melihatnya, tujuan akhir gue. Jika gue menyerah dengan Metpen, tugas-tugas, dan proposal skripsi sekarang, gue rasa gue bakal nyesel seumur hidup karena… ya memang tanggung banget ! Wisuda sudah di depan mata, gue nggak mau perjuangan gue selama 3 tahun belakangan sia-sia.

Gue tiba-tiba bersemangat. Sebenernya nggak tiba-tiba jadi kayak Goku gitu rambutnya jadi emas, tapi pikiran gue menyemangati gue sendiri. Mencoba mengalahkan fisik yang hendak menguasai pikiran. “Ayo, gue pasti bisa ! Bentar lagi wisuda !!” gue tereak. Esti ketawa. Gue pun ketawa. Orang jogging apa hubungannya sama wisuda ? Hahaha..

Dan akhirnya gue semakin mendekati Stasiun UI, gue mulai mengatur nafas sebisa mungkin, di samping Esti yang sekali lagi mukanya gak ada capek-capeknya. Gue bisa, gue terus yakinin itu ke diri gue. Terus berlari, terus berlari, langkahkan kaki ke depan, sesimpel itu saja dan gue akan sampai, hanya sesimpel itu.

Dan akhirnya gue sampai. 19 menit 26 detik gue jogging. Amatir, maklumin lah.

Gue terengah engah, kayak ibu hamil mau prosesi kelahiran.

Tapi gue senyum. Gatau kenapa.

Gue bisa.

Gue sampai. Gue bisa. Akhirnya.

Saat itu, gue bilang ke diri gue sendiri. “Kuma, kalau suatu saat nanti kamu ngerasa lelah dengan skripsi, ingatlah momen-momen jogging ini, rasa lelah itu hanya ilusi dan sugesti, kamu pasti bisa, jangan pernah menyerah. Ingatlah tujuanmu, kamu harus terus maju ke depan, hanya sesimpel itu, apapun rintangannya, teruslah maju ke depan, jangan takut, jangan mengeluh, tujuanmu sudah di depan mata.”

Gue tersenyum sendiri. Kayak di drama korea.

Gue ngerasa dapet pengalaman yang bagus banget. Hanya dari suatu hal yang simpel, jogging sore hari.
Apapun yang nantinya gue lakuin, gue harus bersemangat. Hanya sesimpel itu. Gue baru menghayatinya sekarang.
Gue pun bilang ke Esti : “Ahh.. jadi dapet inspirasi nulis nih.”

Semangatt Kuma !!!

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
Smiling, saying “I can do it”
26102014-23:04

No comments:

Post a Comment