Thursday, January 1, 2015

Biasa Saja



Biasanya, hari ulang tahun adalah hari yang sangat spesial bagi seseorang. Bagi orang normal dan orang pada umumnya, beberapa minggu sebelum ulang tahun tiba, kita pasti terkadang
tersenyum sendiri, merasa ge-er dan sedikit bahagia membayangkan surprise apa yang akan kita terima dari teman kita. Hari minus 1 biasanya kita melihat reaksi dari teman-teman terdekat kita, apakah mereka merasa menyiapkan sesuatu atau tidak. Dan pada hari H ulang tahun kita, biasanya kita segera melihat handphone dan melihat siapa saja yang mengucapkan kata-kata doa buat kita.

Itu umumnya yang terjadi pada sebagian besar orang. Dan termasuk gue, selama masa remaja  hingga kini. Namun anehnya di ulang tahun gue yang ke 22 barusan, pada tanggal 23 Desember 2014 lalu, gue nggak merasakan apa yang setiap tahun gue rasakan.
Biasanya gue bakal melakukan hal-hal seperti deskripsi gue sendiri di paragraf awal : observasi, senyum sendiri, acting surprised from the surprise. Tapi entah kenapa gue ngerasa biasa-biasa aja tanggal 23 Desember 2014 kemaren. Bangun tidur seperti biasa seperti bukan hari spesial apapun bagi gue, makan di warung sunda samping kosan seperti biasa, pergi kuliah yang nggak ada dosennya, ngerjain tugas kuliah, balik jalan kaki dengan kepanasan ke kosan seperti biasa, dapet kue dari temen-temen gue, dikerjain, tapi yah.. udah ! Nggak ada special reflection sama sekali seperti tahun-tahun sebelumnya !
Kalau mau dibandingin sama ulang tahun sebelum-sebelumnya, gue selalu berpikiran mellow kek, melankolis kek, drama kek, karena merasa hari itu hari bersejarah di mana gue beranjak lebih dewasa. Harus ada semacam resolusi yang.. yah nggak terlalu dilaksanain juga sih, cuman ya adalah pasti harapan-harapan yang bener-bener dari dalam diri gue sendiri semacam pengen lebih begini pengen lebih begitu.
Kali ini bener-bener biasa aja. Ketika disuruh make a wish dan meniup lilin, gue malah bingung mau make a wish yang kayak gimana yang bener-bener gue pengen. Alhasil gue akhirnya nyebutin harapan-harapan yang “udah pasti” banget semacam “Semoga lulus tepat waktu, skripsi lancar, dan dapet nilai bagus”. Maksud gue, semua mahasiswa semester akhir yang mau ngerjain skripsi pasti doanya itu lah ya. Maksud gue, nggak ada yang bener-bener harapan yang berkaitan dengan perkembangan diri gue pribadi semacam “Gue pengen naik gunung, gue pengen ke luar negeri, dan seterusnya”.
Di akhir tanggal 23 Desember 2014 pun, gue yang biasanya update status di media sosial bermacam-macam mulai dari ucapan syukur telah menginjak umur baru, ucapan makasih buat yang ngucapin, foto-foto birthday, kata-kata bijak bak motivator karena lagi ulangtahun, kali ini nggak ada lho ! Yah, meski akhirnya gue merasa perlu banget update sesuatu yang cetar banget di media sosial dan akhirnya update juga, tapi hal itu karena “merasa ada yang aneh kalau lagi ulang tahun tapi belum upload”, bukan karena “gue ulang tahun ! wah harus upload nih !”
Hal yang sama terjadi ketika kemaren banget, ketika akhir tahun 2014 tiba, 31 Desember 2014.
Most people bakalan upload dan update sesuatu tentang tahun baru, resolusi yang ingin mereka capai, ucapan terimakasih pada tahun 2014, kesan mereka terhadap tahun 2014, dan gue biasanya juga mengikuti pola mainstream seperti itu.
Tapi anehnya gue kali ini ngerasa biasa-biasa aja. Gue yang biasanya juga update kata-kata menyentuh dan inspiratif di media sosial, kini ngerasa.. yaudah sih kenapa ? Gue ngerasa 31 Desember 2014 kemaren kayak yah hari biasa aja, yang besoknya adalah hari Kamis, gue tetep berdiam diri di rumah, nggak ada temen, tetep makan pagi siang malam, tetep bernafas, tetep nganggur di liburan, dan seterusnya. Gue anehnya nggak lagi menganggap momen tahun baruan sebagai sesuatu yang bikin hati berdebar dalam passion dan wajib banget buat dirayain. Dulunya gue ngerasa banget ini perlu dirayain, tapi kali ini gue nggak ngerasa seperti itu. Yah, meski pada akhirnya ikut merayakan juga dengan makan bareng keluarga di rumah makan, dilanjutin hang out bareng temen-temen nonton kembang api, tapi gue melakukannya sekali lagi bukan karena dari dalam diri gue sendiri merasa perlu banget dirayain, tapi lebih karena “yaudahlah kan emang tahun baru”. Bahkan gue merasa aneh kenapa gue males-malesan ya pengen keluar bareng temen ? Padahal tahun-tahun sebelumnya gue merasa perlu banget keluar dan having fun with the crowds.
Aneh sih kalau gue ngerasain kejadian dalam diri gue ini. Dan setelah gue merenung, gue bertanya-tanya “Apakah ini gara-gara gue yang semakin tua ya ? Sehingga gue merasa semua ini biasa aja, naluri muda gue udah kendor yang udah nggak seenerjik dulu, dan udah mulai memikirkan hal-hal berat di kehidupan seperti lulus kuliah, nyari kerja, nyari duit yang banyak buat ditabung buat anak istri kelak ?” Apakah benar seperti itu ?
Jika ditelusuri, emang bener sih gue sekarang orientasi pemikirannya udah nggak terlalu ke arah “bersenang-senang”, gue akuin itu. Di satu sisi gue melihat efek positifnya, gue lebih dewasa. Namun di sisi lain, gue juga merasa sedih dengan efek negatifnya : “yah, gue udah mulai tua, nggak bisa seneng-seneng lagi, harus udah mulai mikirin banyak hal”
Sedih rasanya memikirkan bahwa kita bukan lagi anak muda yang bebas meminta uang jajan dari orang tua dan tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mencari uang. Ujian di sekolah juga tak perlu kita khawatirkan karena ada teman seperjuangan yang pasti membantu kita untuk lulus. Nggak seperti sekarang di perkuliahan, di mana kelulusan kita bergantung diri kita sendiri. Kini, mau having fun aja masih kepikiran bagaimana nanti ngerjain skripsi, nungguin wisuda sambil magang di mana, habis wisuda mau kerja di mana, gajinya berapa, mau sampe kapan, dan seabrek pertanyaan kedewasaan lainnya.
Pusing aku.
Sedih.
Hahahaha, tapi mau bagaimana lagi ? Beginilah hidup, dan gue harus bisa menjalaninya dengan style gue sendiri. Pasti ada perubahan-perubahan yang akan kita lalui, dan bagi gue, salah satunya adalah kejadian ini : “mulai merasa biasa-biasa aja terhadap yang dulunya kita anggap special events”.
Anyway, Happy New Year 2015 !!
Semoga gue lulus dan diwisuda Agustus 2015 ini, dapet gelar S.Hum dari Universitas Indonesia ! Aminnnn !! :D

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his home
First 2015 post
01012015-23:02

No comments:

Post a Comment