Friday, February 1, 2013

About Prophecies - Joyoboyo, Nostradamus, and other Prophecies

Ternyata benar apa kata orang. Rasa malas itu timbul ketika kita terbiasa. Yah, akhir-akhir ini memang nggak pernah posting, udah mulai gejalanya pas tanggal 19 Januari, mulai jarang postingnya. Penyebabnya emang stress berlebih menjelang Campus Fair, nah abis itu jadi males karena lama nggak posting. Tapi aku tahu bahwa sayang banget kalau nggak nglanjut nulis.. Hahaha.. oke, January = over. Now, It's February, let's start a new journey !

Kali ini kita akan bahas sesuatu yang kira-kira pernah kita percayai dalam hidup. Yak, ramalan. Di dunia ini terdapat banyak sekali ramalan-ramalan yang terbukti, maupun tidak terbukti, maupun yang cuma bikin was-was. Yah, yang paling gress sih, ramalan kiamat 2012 suku Maya yang ternyata tidak terbukti benar. Udah lewat gitu lhoh due date nya =_=.
Kalau dari Indonesia sendiri, ramalan yang terkenal itu ramalan Joyoboyo, yang dari jaman dahulu kala jaman kerajaan-kerajaan gitu tuh. Ramalan ini dianggap oleh banyak orang sebagai ramalan yang cukup akurat. Yang paling diharapkan nih, ramalan satrio piningit yang "mungkin" adalah Jokowi atau siapa gitu..

Lebih jelasnya nih ada cuplikan (cieh cuplikan =_= ) ramalan joyoboyonya, yang diasumsikan sebagai munculnya Jokowi di tanah Jakarta

kaya dene manungsa 
wasis, wegig, waskita 
wus tan abapa, tan bibi, lola 
nglurug tanpa bala 
nganggo simbol ratu tanpa makutha 
tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa 
sirik den wenehi 
ngerti sakdurunge winarah 
dudu pandhita sinebut pandhita 
dudu dewa sinebut dewa 
senenge anggodha anjejaluk cara nistha 
sing tengah sirik gawe kapitunaning liyan 
sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda
Jayabaya, abad 12 masehi
 
Nah, jadi diibaratkan Satrio Piningit itu adalah Jokowi gitu.. Nggak tau terjemahannya yang pasti kea gimana, tapi ceritanya sih, itu ada arti-artinya bakal ada Ratu Adil yang nantinya muncul dan mementingkan kepentingan orang banyak gitu.. Hmm, masyarakat jadi heboh dan terpesona oleh ramalan fenomenal ini donk. Tapi jangan berhenti disini dulu, kita lanjut ke ramalan Nostradamus deh.
 
Nah kali ini cuplikan Nostradamus nih, ramalan ini fenomenal juga karena banyak yang "katanya" benar-benar terjadi, seperti matinya Lady Diana, matinya George W Bush, terjadinya Revolusi Prancis, Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki, Perangnya Hitler, kejadian 11 September 2001, dan yang paling heboh barusan nih, Tarian Kuda Gangnam Style yang dihubungkan sama kiamat. =_=
Kita ambil cuplikan ramalan yang Gangnam Style aja ya, berhubung masih anget tuh..
 
“From the calm morning, the end will come when of the dancing horse the number of circles will be nine” – Nostradamus, 1503.
 
Maksudnya, the calm morning itu julukan bagi Korea Selatan, julukannya dari Inggris kalau kata google. Terus, the dancing horse itu otomatis lah ya kita nyambungnya ke tarian gangnam style. Dan akhirnya, number of circles will be nine itu maksudnya angka nol sampe 9 digit, alias 1 milyar (bener nggak sih itung-itungan gue =_= ). Jadi, kalau total view nya sampe 1 milyar, akan ada the End gitu.. 
 
But the fact speaks differently.
Video Gangnam Style sudah lebih dari semilyar. 21 Desember 2012 juga sudah terlewat sebulan lebih.
But the End of the world keliatannya masih jauh-jauh aja.
Nah, what's wrong with prophecies then ?
 
Teringat kalimat-kalimat yang diajarkan oleh salah satu dosenku di filsafat UI. Tentang ramalan, yang kalimat-kalimatnya sangatlah universal. Bisa mencakup banyak hal, dan oleh karenanya sangat aman keakuratannya.
Dari bung Fristian nih, ada orang namanya A, lagi konsultasi sama peramal.
Peramal bilang bahwa A hari ini akan beruntung. Nah, akhirnya A mejalani harinya dengan suka cita, karena ia tahu bahwa ia akan beruntung hari itu => referring to the oracle.
Wah, tapi tiba-tiba, waktu menyeberang jalan, dia ketabrak mobil, dan akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Lalu biaya rumah sakitnya sampe bermilyar-milyar lah ya, tapi lebay amat sampe milyar =_=.
Lalu dokter datang dari balik tirai dan bilang bahwa kaki si A harus diamputasi.
Nah, si A heboh sendiri donk ya, nangis-nangis ga karuan dan nyalahin si peramal karena ramalannya salah.
 
Waktu si A ngelabrak si peramal, si peramalnya berkelit.
"Lhoh, itu kan bener ramalan saya. Anda beruntung donk, masih mending yang nabrak Anda mobil, coba kalau yang nabrak truk polisi .. "
Nah lhoh, jadi .. ? Bener sih, beruntung juga kan si A..
 
=_=
 
Itulah, jadi ramalan-ramalan tuh sebenernya lingkupnya sangat luas. Interpretasi terhadapnya bermacam, dan ketika salah satu interpretasi berkesesuaian dengan fakta, orang cenderung untuk mempercayai bahwa kejadian fakta tersebut adalah gambaran yang ada pada ramalan. Cuy, kalau gitu gue juga bisa ngeramal donk.
 
Iya lah, tinggal ngomong kalimat yang cakupannya luas, kita nggak perlu peduli terhadap hal detil pada sesuatu, dan nggak perlu memantau future untuk bisa menentukan nasib seseorang.
Yak oke, para pembaca sekalian, kalian akan kuramalkan bahwa 5 detik lagi kalian beruntung banget.
 
Yoi lah, dari sekarang aku udah tau kalau kalian 5 detik lagi bakal beruntung. Kalau kalian diem aja nggak ngapa-ngapain, aku bisa donk bilang kalau kalian beruntung banget karena masih bisa hidup.
Kalaupun kalian 4 detik aja udah mati, kalian juga beruntung donk, bisa merasakan mati. Kalau Anda merasakan mati, berarti Anda bakal yakin kalo Anda bener-bener manusia kan.. Manusia bakal mati semua kan..
Siapa tau juga abis Anda mati, utang-utang Anda ntar dilunasi oleh keluarga atau apa, beruntung donk ya ga perlu susah-susah cari duit buat bayar utang, udah dibayarin.. -_-
 
      
Kalau ada yang berprofesi jadi peramal, jangan marah ya pak bu, ntar dikirain gue mencemarkan nama baik peramal lagi =_=
 
So, siapa pengen gue ramal ? 
 
Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his home
Not going anywhere 
01022013-16:28
  

No comments:

Post a Comment