Saturday, November 24, 2012

Long Live Academician !!

Stigma negatif kerap kali diberikan kepada para mahasiswa dan mahasiswi filsafat, dikarenakan berbagai macam aspek..
Dari penampilannya lah..
Dari cara ngomongnya lah..
Dari waktu senggangnya lah..

Dari lama ga lulus-lulus lah..
Dari pelajarannya yang kata mereka absurd lah..
Dari anggapan atheis lah..
Dari prospek kerja lah..
Dan segala macam hujatan bagi kami..

Tapi yang mau aku bahas disini bukan yang di atas, tapi pandangan negatif yang lumayan "oh iya ya"
Wakakaka.. Apaan tuh ?
Dari 15 jurusan yang ada di FIB, atau mungkin dari semua jurusan yang ada di UI, anak filsafat pasti yang paling banyak 'nongkrong'nya, dan jarang mengikuti kegiatan semacam UKM

Kenapa oh kenapa ? padahal UKM bisa jadi ladang mengasah keterampilan apabila masih merasa absurd dengan prospek kerja nanti abis lulusan..
Tapi kenyataannya anak filsafat UI jarang banget yang ikut UKM atau kepanitiaan atau malah BEM/DPM !
Dari angkatan 2011 aja, tercatat ada Rizki sm Dini yang gabung sm BEM, kalau Dini sekarang keanya udah nggak deh (koreksi ya Dini kalo salah), cuma Rizki yang masih aktif sekarang karena performanya dinilai bagus..
Nah, di angkatan atas, setau aku nih ya, cuma 3-5 orang yang ikut-ikutan UKM baik tingkat UI maupun Fakultas.. Di tingkat fakultas mungkin angkatan atas banyak yang masuk teater maupun musik, tapi balik lagi deh, cuma sedikit !
Lalu kebanyakan dimana ? Sekali lagi nih ya, setau aku, nongkrong ! Nongkrong di kansas kek, di kosan temen kek, atau dimana gitu, yang penting nongkrong..

Pertanyaannya, kenapa mahasiswa filsafat UI kebanyakan ga begitu tertarik sm kegiatan 'ekstrakurikuler' ?

Menurut hipotesisku yang sederhana dan absurd pula, keliatannya emang filsafat kurang memungkinkan kita untuk bisa aktif di kegiatan seperti itu..

Kenapa ? Karena pelajarannya susah banget brooo !!!

Hiks, mungkin bagi orang lain, mereka masih menganggap yang susah-susah itu semacam kedokteran, ekonomi, hukum, atau apalah ya jurusan-jurusan favorit masyarakat.. Tapi, bagi gue yang notabene emang anak filsafat asli, bergelut dengan hal-hal yang abstrak justru lebih sulit daripada mempelajari teori-teori yang sudah pasti di berbagai ilmu yang lain..
Hiks.. Di filsafat tuh kita mikir, kalau di jurusan lain juga mikir sih, tapi inget rumusnya aja keanya juga ga sesusah disini..
Jadi intinya, keanya ga ada banyak waktu deh buat ngurusin organisasi ataupun UKM lainnya, kalaupun ada anak-anak seperti itu, itu pasti anak-anak yang emang udah genius banget deh, nggak separah gue kalo dalam hal membagibagi waktu..
Kalau anak kosan murni nih ya, dan sedang kuliah, bakalan ga ada waktu deh buat ikut-ikutan berbagai macam kegiatan..
Liat nih ya, kalau anak kosan murni, pasti punya kesibukan sendiri macam aku (baca : memasak nasi, nyuci baju-no laundry, cuci piring, beribadah, ngerjain tugas, kuliah, istirahat, refreshing)
Waktu refreshing atau istirahat, karena filsafat tuh kita harusnya ya membaca buku-buku filsafat yang bahasanya biasanya dari teks asli, boro-boro masuk otak udah pusing duluan.. jadi butuh waktu ekstra kalau benar-benar pengen sukses belajar filsafat...

Dan karena ini bukan pekerjaan, melainkan pembelajaran, maka ketika disodorkan "kamu harus ngerjain paper tentang ini itu, dikumpulin minggu besok", maka kita nggak bakalan bisa dengan instant selesai ngerjainnya dengan sungguh-sungguh, khan kita belajar.. Dari yang namanya nggak tau, terus kita belajar buat jadi tau..
Beda donk kalo sama orang kerja, orang kerja pasti sudah punya keahlian sesuatu, lalu ketika disodorkan pekerjaan, ya tinggal dikerjain sesuai keahliannya, tanpa ada usaha berlebih untuk mencoba memahami..

Duh, beneran sebenernya pengen banget ikutan UKM, tapi gatau kenapa mungkin ak nya sendiri kali ya yang gabisa bagi waktu,
dan perlu diingat, gue nggak mengatakan bahwa kalian yang dari jurusan lain pelajarannya nggak susah terus bisa santai-santai ikut UKM ya, ini cuman pendapat pribadi aja..
Karena setelah bergelut dengan buku teks filsafat, dibutuhkan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh, agar nantinya kita ga sakit dan ujung2nya stress sendiri..
Mengikuti kegiatan pasti efek sampingnya merugikan kegiatan belajar kita, tapi itu semua pilihan sih.. Tapi juga, idealnya kalau kita menjadi mahasiswa, pilihan harusnya lebih diberatkan kepada hal yang kita namakan belajar donk ya..

Sebenernya ini semua hasil refleksi dari kemunduran gue dari suatu kepanitiaan, alasannya karena nggak cocok, juga jadi stress sendiri, udah capek-capek sampai kosan abis kuliah, pengen istirahat masih ada tugas buat organisasi atau malah tugas kuliah..

Tapi tenang saja readers, gue ga bakalan antipati kok sama organisasi, pasti deh gue bakalan terjun juga dalam organisasi..
Seru kok emang, dan gue pengen banget.. Tapi tentu saja, berhubung gue anak filsafat yang gabisa dengan ahli membagi waktu, maka kegiatan diluar belajar bagi gue akan dinomorsekiankan dulu..
Tenang saja kegiatan ! Tunggu ketika aku memiliki waktu luang yang cukup ya, aku bakal terjun ke dalam dirimu..

Written by :
Kumara Ranudihardjo
Reflexing on his retreat
And many assignment waiting for him
23112012-16:25

No comments:

Post a Comment