Saturday, November 1, 2014

Panasnya Kota Depok





3 tahun menghuni kota Depok gara-gara urusan per-mahasiswaan, gue baru menyadari panasnya Depok sekarang. Emang sih, dari dulu Depok memang sudah panas. Ia dekat
dengan ibukota yang memang sudah terkenal panas, dan Ia jalur perantara antara Jakarta yang Hot dengan Bogor yang Cool. Yah, meskipun sekarang kota Bogor nya sendiri udah mulai panas dan macet juga. Cuman, mungkin gue baru menyadari seberapa panasnya kota Depok ini setelah lama di sini ya. Awal-awal dulu sih bilang, “Ah ini pasti belum ada apa-apanya dibanding Jakarta dan Surabaya. Sabar lah nak..” Namun kini karena sudah jenuh karena kondisi yang sama terus-menerus datang, gue mulai merasa liar di sini.

Satu alasan lain mungkin karena gue baru merasakan Bandung. Akhir-akhir ini gue sering ke Bandung karena pengen escape dari rutinitas kuliah dan rutinitas sauna di Depok. Gilaaa, bedanya drastis banget pemirsa ! Kalau gue nyalain kran kamar mandi di Bandung, yang keluar adalah air es. Tapi kalau di jam yang sama, misalkan jam 11 pagi gue nyalain kran kamar mandi di kosan gue di Depok, yang keluar air mendidih !
Yakin gue kalo telur dari Alfamart direndem di satu gayung air kran Depok, pasti bisa mateng langsung. Meski belum pernah nyoba juga.

Panas sumpah. Bahkan pernah beberapa minggu lalu, terik matahari begitu kerasa. Nggak ada awan sama sekali pemirsa ! Kita nengok ke langit Depok, nggak ada putih-putihnya sama sekali ! Yang ada cuma warna biru yang bikin silau ! Mana kendaraan banyak banget lagi di jalanan Margonda. Bayangin, besi-besi bergerak itu ngantri di jalanan Margonda, kebanyakan warna item yang kata ilmu fisika suka nyerap panas itu, terus mereka kentutin asap beracun dari belakang ke udara. Itu nggak cuma 10-20 kendaraan ya, ratusan ! Lebih malah ! Belum lagi kinclong besi-besi kendaraan itu bikin silau karena mantulin sinar matahari yang langsung tanpa dihalangi awan-awan, bikin mata sipit !

Heran gue, kenapa orang-orang ini betah ya tinggal kayak gini ? Debu, polusi, panas, pengap, stress, dan berbagai variabel lainnya yang bikin hidup kita jadi lebih pendek. Bahkan untuk sekedar beristirahat dan melarikan diri dari panasnya jalanan, gue nggak bisa ! Bayangin, mau bobo siang di kamar kosan aja gue nggak nyaman ! Panas ! Mau dibuka jendelanya biar angin masuk, tapi yang masuk cuma angin panas yang malah tambah bikin stress. Jendela dibuka yang ada malah mata sipit juga karena radiasi panasnya masuk ke dalam kamar. Mau bobo buat melupakan kegerahan malah yang ada kepanasan karena kasurnya anget ! Sumpah dah, tempat tidur gue anget ! Kurang sabar apa gue hidup di pra-neraka ini ?

Mau mandi karena pengen yang seger-seger, yang keluar air mendidih. Mau dipaksain bobo di kasur anget, bangun-bangun yang ada malah dehidrasi. Mau pasang AC biar kamar adem ntar dibilang malah nambah pelepasan CFC, malah bikin panas dunia. Serba salah. Dan gue nggak tahu harus gimana lagi.
Gue jadi pengen ke Bandung. Segera setelah gue lulus kuliah. Meski kata orang Bandung udah nggak sedingin dulu, cuman menurut masih dingin kok ! Panas sih iya di jalanan, udah rame dan polusi udah banyak juga. Cuman paling nggak, ketika gue berada di kosan/kamar sendirian, nggak panas ! Serius deh pemirsa, kita kepanasan di Depok, mau ngadem di kosan sendiri tetep kepanasan ! Beda kalau di Bandung, kita kepanasan di jalanan Bandung, mau ngadem di kosan Bandung jadinya bener-bener adem ! Nggak panas ! Airnya juga air normal, nggak air mendidih kayak di Depok. Semakin siang memang semakin naik suhunya, tapi nggak nyampe panas ! Bobo siang jadi lebih nyenyak, lebih bermakna.

Cuman masalahnya, gue merasa kalau semua orang yang tinggal di Jadetabek berpikiran dan bercita-cita sama kayak gue, yang ada malah ngerusak Bandung. Orang-orang yang kepanasan di ibukota ini memang sudah seharusnya dikorbankan untuk merasakan kepanasan, kalau tidak, Bandung yang saat ini masih dingin nantinya bakal penuh sesak diisi imigran, dan alhasil bakal nggak dingin lagi. Memang harus ada orang-orang yang mengisi daerah panas, menurut gue. Karena kalau tidak, daerah dingin akan dirusak karena orang-orang dari daerah panas yang menginvasi mereka. Jadi, orang-orang Jakarta yang tiap weekend ke Bandung masih gue toleransi lah. Paling nggak, setelah menikmati ademnya Bandung, mereka balik lagi ke habitat panas mereka.

Gue pikir nggak ada salahnya abis lulus pindah ke Bandung. Yah, kalau dikalkulasi secara ekonomis sih Jakarta mungkin lebih tepat kalau buat nyari duit ya. But man ! I need to enjoy life ! Gue nggak bisa nyari duit dengan kondisi stress yang kian meningkat. Nyari duit sih nyari duit, tapi kalau pada akhirnya gue nggak bisa menikmati hidup, untuk apa ? Di Bandung mungkin gue bisa lebih rileks, lebih santai, lebih fokus, sehingga gue malah lebih produktif ! Suasana yang cozy bisa ditemukan di mana-mana di Bandung. Selain itu, Bandung bisa dua sisi sekaligus : kota banget bisa, desa banget bisa. Mau metropolitan feel bisa, mau green and cozy feel juga bisa. Kalau gerah dengan rutinitas di kota Bandung, tinggal naik dikit udah nemu dataran tinggi yang sejuk. Kurang apa ?

Cuman, yahhh hal itu hanya sebatas cita-cita gue saat ini. Mungkin gue bakal berubah pikiran nantinya, nggak tahu aja ntar kayak gimana. Yang pasti saat ini gue kangen sama Bandung. Meski tarif Depok-Bandung Cuma 55k, cuman kantong mahasiswa ya kantong mahasiswa = tetep mahal.

Coba ya, Depok itu lebih adem. Ijo-ijonya ditambahin banyak gitu. Tengah-tengah jalan Margonda dikasih pohon gitu coba, kan lumayan ya ngurangin polusi dan panas. Gue juga bisa neduh bentar biar nggak kepanasan kalo lagi pas nyebrang.

Yah, sebagai warga pendatang sih, ini masukan aja buat pemerintah. Semoga panasnya Depok segera enyah, digantikan cuaca sesejuk Bandung, supaya masyarakatnya sendiri juga produktif, nggak cuman bete, lelah, capek, bawaannya pengen bobo, hanya gara-gara cuaca yang panas ini.

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his hot room
Sweating, thirsty.
01112014-15:52


No comments:

Post a Comment