Saturday, March 30, 2013

BerTuhan Maupun Tidak ? Amin

Ini nih ada satu hal yang lumayan lucu dari kelas Filsafat Sosial. Entah kea gimana asal usulnya jadi ngebahas masalah Do'a, pokoknya tiba-tiba gue dapet penjelasan dari dosen tentang bagan Do'a. Hihihihihi, let's check it out..


Jadi begini. Dosen gue ngasih tau kalo ternyata berTuhan maupun tidak, ujung-ujungnya manusia akan menciptakan kondisi nyaman bagi dirinya sendiri. Yah, gini misalkan :
Karena lagi musim Ujian, yang kuliah masa-masa UTS, kalo yang SMA mau UN kan.. Jadi contohnya kea gini aja deh, Paijem seorang siswi SMA yang 2 minggu depan mau menghadapi UN. 

Paijem beragama, katakanlah Islam. Nah sebelum menghadapi UN, tentunya dia berdoa pada Tuhannya demi kelancaran ujiannya. Dia doa lah segala macem semoga ini itu sesuai harapan dia.
Temennya Paijem nih, namanya Melinda Safitri Nur Cahyaning Putri, biasa dipanggil Ning.
Dia sekelas sama si Paijem donk, intinya : dia juga mau menghadapi UN. Agamanya pun sama dengan Paijem, Islam. Ia juga berdoa semoga UN nya lancar dan berharap ini itu demi kelancaran UN nya.

Pasca UN, ternyata hal yang mengejutkan dan menggemparkan terjadi !
Ning lulus UN, namun tidak dengan Paijem !
Yaolo kasian ya Paijem. Paijem iri dengki sebel dongkol ga karuan sama si Ning. Yaiyalah, masa' orang dengan nama alay kea gitu bisa lulus UN sementara Paijem yang namanya simpel kea gitu nggak lulus ? Bukannya orang dengan nama simpel itu harusnya hidupnya juga simpel ? Emm, lupakan !

Nah, Paijem curhat sama guru agama nya. Nangis air terjun deh dia di depan guru agamanya. Untung guru agama nya sedia payung kan..
Intinya, bunda Maria-si guru agama Paijem, menghibur dia lah ya. Kira-kira kalimat bunda seperti ini "Sudahlah Paijem, kamu tidak perlu bersedih.  Kamu kan sudah berdoa sama Tuhan. Percaya lah, Tuhan itu pasti kabulkan permintaan kamu. Masalah sekarang belum terkabul, itu berarti Tuhan punya rencana lain yang lebih baik buat kamu. Percaya donk lah elah masa gak percaya sih gitu doank, cengeng lu ! Eh maap kebawa emosi.. x_x , iya iya udah cup cup.."

Paijem akhirnya move on. Dia mengamini apa kata bunda Maria bahwa Tuhan punya rencana yang lebih baik untuknya.

Nah lhoh, Si Melinda Safitri Nur Cahyaning Putri ini juga curhat ke guru agamanya. Kali ini guru agamanya bernama Datuk Sri Pangalih.
Datuk bilang ke Ning "Selamat ya Ning, kamu berhasil melewati tantangan berat dalam hidup kamu. Semoga langgeng ya sama pasangan kamu.. Lah tapi Datuk yakin setelah UN ini kamu lebih langgeng sama pacar kamu, soalnya waktu UN contekannya sama dia kan ? Hohoho sekali lagi selamat ya Ning, semoga sukses selalu.."

Ning akhirnya kesengsem dan seneng. Dia mengamini do'a Datuk padanya. Trus dia sms pacarnya buat ngucapin terimakasih..

Baik pemirsa, nangkep donk intinya ?
Enggak ? Baik mari saya jelaskan..

Do'a, nggak peduli dikabulkan maupun enggak sama Tuhan, pada akhirnya kita akan mengamininya. Mengamininya ini maksudnya adalah kondisi dalam rangka menenangkan diri kita sendiri. Biar hati teduh, nyaman, tenang, semilir ombak di pantai, tapi abis itu tiba-tiba ombaknya jadi gede trus orang-orang tereak-tereak Tsunami ! Tsunami ! Selamatkan nyawa kalian !

Jelas lah dari contoh di atas. 
Do'a Paijem telah dilontarkan tapi kenyataan gak sesuai dengan harapan Paijem, sehingga Paijem bilang "Tuhan punya rencana lain"
Do'a Ning telah dilontarkan dan kenyataan sesuai harapan Ning, sehingga Ning bersyukur dan segala macemnya mengamini dan senyam senyum sendiri.. Amin !
Dua-duanya menenangkan diri mereka sendiri. Endingnya Hore semua..

Dari topik ini pula, tadi waktu nyuci baju, gue jadi kepikiran hal ini :

Ada temen gue yang religius banget. Dia berprestasi juga. Nah, dia bilang kalo salah satu kekuatannya ini adalah salah satunya karena Tuhan bersamanya.
Gue jadi kepikiran, gimana dengan orang Atheis ya ?
Orang Atheis tentu menganggap bahwa Tuhan nggak bersama dia, yaiyalah orang dia nggak nganggep Tuhan itu ada. Jadi konsekuensinya : Tuhan nggak bersama dia.
Nah, kalo orang Atheis ini bisa sukses dalam hidupnya, bisa nggak ya kita andaikan dia berpikiran seperti ini dalam hidupnya ? "Justru karena Tuhan nggak bersama orang Atheis ini, maka Ia harus berjuang lebih keras lagi. Karena Ia nggak bakal dapet pertolongan Tuhan"

Hebat banget keanya ya kalo orang Atheis bisa kea gitu. Tanpa bantuan Tuhan dan tidak mengharapkan apapun termasuk pahala dari Tuhan, Ia berperilaku positif dalam hidupnya..
Yah, kalo berperilaku positif sih.. Kalo negatif, ya mampus deh ntar dicaci maki orang -_-

Hmm.. yah intinya gitu aja sih, jadi intinya gimana nih ?
Hmm... berdo'a itu silahkan, tapi jangan lupa usaha juga yang keras. Jangan selalu menggantungkan diri sama Tuhan kamu, berusaha lah mandiri, gue yakin Tuhan kalian pasti suka kalo kalian mandiri.. Hihihi..

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
Working on his blog
30032013-21:40

3 comments:

  1. Hai kuma,

    Seneng baca postingan ini, ak kagum sama richard bronson yang atheis, tapi dia mampu memimpin 300 perusahaan. Dia punya penyakit tidak bisa membaca huruf sejak kecil, tapi dia gk pernah putus asa mungkin krn dia merasa tidak punya tuhan shngga tdk ad yg bs salhkn.

    Intinya gw respect sama richard bronson. Dia ngajarin gw gk boleh marah dlm keadaan apapun krn kemarahan membuat kita tdk produktif. Gw pke itu di sepanjang karir gw.

    Gw seneng lu tmsuk bkn orang yg mendeskreditkan atheis.

    Semangat terus ya kuma, free mindset.

    From:
    Koreanis novelis
    Bintangku jatuhlah sekali lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak koreanis novelis, hihihih makasih banyak yaaa.. ayo kita kejar impian kita ! :D

      Delete
  2. Hai kuma,

    Seneng baca postingan ini, ak kagum sama richard bronson yang atheis, tapi dia mampu memimpin 300 perusahaan. Dia punya penyakit tidak bisa membaca huruf sejak kecil, tapi dia gk pernah putus asa mungkin krn dia merasa tidak punya tuhan shngga tdk ad yg bs salhkn.

    Intinya gw respect sama richard bronson. Dia ngajarin gw gk boleh marah dlm keadaan apapun krn kemarahan membuat kita tdk produktif. Gw pke itu di sepanjang karir gw.

    Gw seneng lu tmsuk bkn orang yg mendeskreditkan atheis.

    Semangat terus ya kuma, free mindset.

    From:
    Koreanis novelis
    Bintangku jatuhlah sekali lagi...

    ReplyDelete