Thursday, December 11, 2014

Opportunity


Lama banget nggak nulis. Dan gue khawatir writing skill gue akan dull perlahan-lahan. Meski sebetulnya banyak ide, tapi pengetikan karya hanya sebatas tugas kuliah. Tidak lebih. Tapi maklum juga lah ya, gue sekarang lagi mencurahkan energi menulis random
ke karya gue yang pengen dibukuin. Jadi harap maklum pemirsa.

Tapi karena kali ini gue harus ngepost sesuatu buat bulan Desember, yah.. Here we go aja deh !

Kali ini gue akan ngomong tentang opportunity.
Nggak, gue nggak bakal ngomongin tentang prinsip ekonomi atau efisiensi. Meskipun kalau disambungin tetep aja bisa juga sih.


Kesempatan itu akhirnya datang.
Gue yang selama berbulan-bulan terus dirundung kegagalan dan no-achievement-at-all ini akhirnya mendapatkan suntikan semangat baru.
Berbagai info dari KampusUpdate sudah gue pantengin dan lakukan. Namun ribuan diantaranya berakhir dengan tanpa balasan.

Tapi akhirnya gue diterima juga ! Energi yang gue kerahkan akhirnya dibalas oleh semesta.
Gue yang sekenanya ngirim lamaran untuk jadi LO di sebuah acara, tanpa gue sangka-sangka accepted !
Betapa senengnya gue, saat diberikan informasi bahwa gue lolos tahap 1. Yah, bukan main rasanya. Gue yang mendambakan pengen jadi LO sejak bulan Maret 2014 lalu, akhirnya kesampaian juga untuk terjun di bidang per-LO-an.
Lolos, lolos, dan lolos, akhirnya gue goal juga jadi salah satu LO dari acara Jakarta Tourism Business Forum 2014. Gue bersama 12 orang lainnya akhirnya menempuh pekerjaan itu dengan sukacita dan penuh pengalaman baru. Bagi gue sih, hal ini sangat luar biasa. Satu, ini adalah pekerjaan impian gue sejak 8 bulan yang lalu. Dua, gue bisa menikmati pengalaman baru bertemu dengan orang-orang yang multikultur banget, salah satunya gue bisa (akhirnya) ngobrol dengan foreigner langsung. Selama ini gue selalu bermimpi bisa ngobrol langsung dengan foreigner, tapi selalu terhalang oleh rasa malu, meski gue merasa bahasa Inggris gue cukup untuk melaksanakannya. Namun dengan tugas LO ini, karena terpaksa, gue akhirnya bisa ngobrol dengan mereka ! Paksaan yang bagus menurut gue, hahaha. Karena sejatinya manusia biasanya bakal mengeluarkan kemampuan terbaik mereka kalau sudah terpaksa.. That's the power of kepepet !
Ketiga, ini pekerjaan resmi pertama gue, karena kerjaan ini dibayar !! Bayarannya lumayan gede lagi, dibandingkan kerjaan magang-magang lain ala mahasiswa. Bukan main syukurnya gue, di pekerjaan pertama gue, gue dapetin kerjaan yang lumayan banget, banget, banget. Gue emang udah lumayan sering jadi panitia, volunteer dan segala macemnya, cuman baru kali ini yang bener-bener digaji secara profesional. Dan gue sungguh sangat mensyukuri hal ini. Keempat, gue dapet link yang luar biasa berharga. Selain ke Event Organizer, orang-orang freelancer, juga media dari luar negeri ! Salah satu yang gue LO in adalah orang media dari The Brunei Times, Brunei Darussalam. Namanya miss Rebecca Oi. Doi keren banget sampe bisa dapet penghargaan di acara JTBF kami itu, dapet Samsung Galaxy S5, wow ! Dan juga, doi baik banget cuyyyy.. Beliin gue coklat donk doi. Dan kami sampe sekarang masih keep in touch via WhatsApp. Cool, right ?

Temen-temen baru yang gue dapet adalah fokus utamanya. Luar biasa, gue dapet ilmu baru dari mereka, yang kebanyakan emang udah lulus dari jenjang Sarjana. Gue jadi lebih tahu dunia hospitality, tahu lebih banyak tentang ASEAN, pariwisata Jakarta, kegiatan di EO, dan banyak lagi. Gue rasa, yang gue dapetin jauh lebih banyak dari itu, lebih dari gaji gue. My experience of it was priceless !

That's why gue sangat bersyukur banget. Di saat tugas kuliah sedang kosong, bisa ditinggal, kesempatan itu datang. Sungguh timing yang sempurna untuk bisa mendapatkan pengalaman baru. Tuhan memang menyiapkan segala sesuatu dengan indah, dan gue buktinya.
Kini setelah semua acara itu selesai, gue merasa terpacu untuk mencari destinasi experience yang baru lagi. Gue ketagihan untuk mencoba pengalaman baru. Gue sangat menggebu-gebu pengen mencoba kegiatan-kegiatan baru, pekerjaan-pekerjaan baru, teman-teman baru, suasana baru.
Tapi hal itu harus gue tahan dulu. Tugas kuliah sudah mulai menumpuk lagi. Wajar, karena sudah mendekati akhir semester, UAS harus dilewati dulu. Presentasi, tugas, ujian tulisan dan lisan, semua harus gue lewatin dulu sebelum gue bisa jumpalitan nyari pengalaman baru.

Dan satu hal lagi, gue juga harus bersiap melaksanakan proyek skripsi. Gue harus melaksanakannya demi bisa memakai toga wisuda. Wisuda di depan mata, skripsi hajar saja ! Setelah itu, party time !!

Semangat Kuma !!!

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his room
Boosted
11122014-15:23

No comments:

Post a Comment