Monday, February 18, 2013

Kiat Mengikuti Raka Raki Jawa Timur 2013 part 2

Akhirnya hadir deh, kiat part 2 dalam mengikuti Raka Raki Jawa Timur 2013. Setelah dijanjikan pada postingan Kiat Mengikuti Raka Raki Jawa Timur 2013 part 1, maka kini hadir kiat-kiat lanjutan yang mungkin akan berguna bagi peserta Raka Raki Jawa Timur tahun 2013 ini. Sekali lagi ini adalah saran dari seorang peserta Raka Raki tahun 2012 lalu. Silahkan diikuti apabila berkenan, namun apabila tidak sesuai dengan pribadi masing-masing silahkan diam saja nggak pake bashing ya :D

Oke, mari kita lanjutkan. Raka Raki adalah Duta Wisata dari Jawa Timur. Namun tetap saja dalam pemilihannya, banyak orang yang memperebutkan titel prestisius tersebut. Penilaian pun lumayan ketat dan tentu saja membuat para peserta tampil sebaik mungkin ketika karantina. Nah berikut ini tips lanjutan, beberapa di antaranya adalah tips ketika di karantina.


  1. Sewaktu masuk ke tempat karantina, pastikan bahwa busana yang dikenakan sudah sesuai dan RAPI. Selalu tersenyum ramah kepada siapapun, humble. Jangan merengut kea marmut lantaran perjalanan dari Kabupaten Anda yang jauh dan melelahkan. Tidak, buang jauh-jauh perasaan lelah itu, karena karantina akan jauh lebih berat dan melelahkan. Ingat, penampilan sangat dipertimbangkan.
  2. Kalau ada yang kurang jelas, selalu dengan sopan dan ramah menanyakan hal yang kurang dimengerti pada senior atau panitia. Kalau ada yang ingin dibantu, silahkan dengan humble pula meminta bantuan pada pihak hotel. Ingat pula, sikap humble, ramah dan segala macemnya yang baik-baik harus diperhatikan pula meskipun pada karyawan hotel ! Bahkan kepada siapapun, tunjukkan inner beauty Anda dengan bersikap elegan ! Lebih baik apabila sifat elegan itu datang tulus dari hati, daripada dibuat-buat layaknya sinetron. Tim penilai sudah hafal dengan baik bagaimana sikap-sikap yang tulus atau dibuat-buat. Jadi, usahakan setulus mungkin..
  3. Jangan sampai nggak kenalan sama peserta yang lain ! Terutama temen satu kamar. Parah banget lah ya kalau sampai nggak akrab ssama temen sekamar. Hal ini tidak hanya berdampak pada kehidupan sosial jangka pendek di karantina, namun  everlasting sampe kita mati nanti. Ya, di ajang Raka Raki tentunya ajang yang penuh dengan kesempatan menjalin hubungan baik. Jangan lewatkan kesempatan ini. Usahakan juga untuk menghindari konflik sesama penghuni kamar. Misalkan pembagian tempat tidur, usahakan "nrimo" dan tidak mencoba mengungkit hal kecil yang bisa mengobarkan semangat perjuangan, perjuangan tabok-tabokan.. =_=
  4. Rapikan kamar sebelum pergi meninggalkannya. Baik itu untuk makan, masuk kelas, tes apapun, yang penting siapkan kamar dalam kondisi rapi. Biasanya nih ya, senior dengan sengaja akan mengecek kamar para peserta dan akan mengevaluasi kerapian kalian di saat waktunya evaluasi. Jika tak ingin mendapatkan insult dari senior, usahakan jaga baik-baik kamar Anda, bener-bener baik, termasuk menjaga kunci kamar ! Ada kejadian nih, salah satu peserta kehilangan kunci kamar, dan akhirnya heboh semua satu provinsi.. =_=
  5. Antrilah dengan baik ketika akan mengikuti tes bakat, english, serta presentasi wisata. Dahulukan yang Anda kuasai, atau bisa juga memprioritaskan queue Test yang sedang longgar. Misalkan nih, kalau yang lagi tes bakat sedikit, dahulukan tes bakat. Jangan menggerombol di salah satu tempat test, karena hal itu akan menyita waktu Anda. Semakin cepat selesai, semakin baik karena ada waktu luang yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Ingat, di karantina : waktu istirahat = waktu emas.
  6. Sewaktu makan, bercengkramalah yang sewajarnya. Dan ingat, tetap elegan namun wajar, tidak dibuat-buat. Gunakan kesempatan makan untuk mempererat silaturahmi, bukan untuk saling menjatuhkan dan memata-matai saingan ! Kalau ingin duduk bareng senior, jangan terlalu keliatan mau cari perhatian ! Act sewajarnya, dan natural namun elegan.. =_= elegan mulu nih gue ngomongnya =_=
  7. Semakin baik apabila Anda 'mesra' dengan 'pasangan' Anda. Bagi yang Raka, silahkan mengumbar kemesraan dengan menjemput Raki nya di kamar, baik untuk masuk kelas atau untuk apapun. Karena hal ini bisa merilekskan social mood Anda, serta image yang positive di depan umum.
  8. Jangan telat masuk kelas ! Sama aja kea kuliah atau sekolah, telat masuk = image negative. Selain itu Anda akan kehilangan beberapa pelajaran penting yang akan berguna bagi hidup Anda. Ya, bukan hanya untuk Raka Raki, namun your whole life ! Selain itu, keterlambatan akan memberikan citra negatif bagi Anda di depan mata juri. So, jangan telat..
  9. Sesampainya di kelas, bersikaplah antusias di kelas. Jangan mengantuk ! Kalau merasa kantuk sudah tak tertahankan, pergilah ke kamar mandi dan tabok pipi Anda sekeras mungkin dan basuh pake air. Kalo perlu air panas biar muka Anda melepuh dan nggak bisa ngantuk lagi.. =_=
  10. Aktiflah bertanya. Meskipun pertanyaan yang bisa diutarakan sangatlah bergantung pada keberuntungan dan keberpihakan pemateri, namun usahakan selalu ada yang ada di pikiran untuk ditanyakan ketika ada sesi tanya jawab. Yah, bukan hanya untuk formalitas belaka, namun ini kesempatan sekalin seumur hidup. Dengan bertanya, maka wawasan Anda akan luas. Menang ataupun tidak, dengan bertanya maka Anda sudah mendapatkan sesuatu di karantina, pengetahuan. Yah, kalau mentok nggak ada yang pengen ditanyain ya jangan dipaksa juga sih, daripada otak meledak trus di kuping keluar asep gitu kan ya nggak lucu donk..

Cukup sepuluh dulu ya, sebenernya masih ada tips dan saran yang lain, masih banyak. Tenang aja, akan di update di hari berikutnya.. Kalo sempet sih.. Hahahah, maklum anak kuliahan, baru masuk aja udah ada tugas..

Sekali lagi, kalau ada yang kurang berkenan silahkan bicarakan baik-baik, jangan menuntu saya ke pengadilan ya..
Salam damai bro..

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
Very tired and sleepy
18022013-20:40

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengundang SARA..
      sbg rari kan harus elegan.. jd yaa comment g bener gue remove ajah...wkwkwkkwkw

      Delete
    2. hahahha iyaa.. yaudah deh yang penting ELEGAN.. hihihihi :D

      Delete
  2. gue setuju banget mas raka..
    selain elegan, juga harus kritis dalam berbagai hal.. tunjukkan betapa luas pengetahuan yang Anda miliki.. :D

    commented by : Peserta Raka Raki 2012 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah elegan mulu ya ngomongnya.. hihihi yang penting raka raki yesterday ! :D

      Delete