Friday, February 15, 2013

A Story About Annisa Azward

Pertama kali tuh ceritanya gue lagi online Facebook. Nah tiba-tiba temen gue Dini chatting, eh tunggu, gue dulu ato dia dulu ya yang chat =_= .
Nah pokoknya Dini ngasih tau 'udah tau belum ada kasus mahasiswi UI yang meninggal loncat dari angkot ?' Nah berhubung gue nggak tau, dan gue penasaran donk ya pastinya karena ini menyangkut civitas akademika gue juga.. Akhirnya gue buka link yang dikasih Dini tentang berita itu kan.



Nah, Dini heboh banget nyeritainnya. Dan itu memang wajar. Soalnya Annisa ini adalah temennya sewaktu di asrama UI dulu, kamarnya deketan pula ! Katanya, dia temennya nyuci baju gitu waktu di asrama, kenangan banget deh. Gue juga shock abis kan ya, soalnya nih, si Annisa ini mahasiswi 2011 juga sama kea gue, umurnya 20 tahun juga, sesama pendatang juga, dan dia orang asrama juga ! Yaoloo, dan akhirnya gue pengen tau kan orangnya kea gimana, nah gue nanya ke Dini ada Facebook nya enggak, nah ternyata ada dan gue dikasihtau.

Gue liat.

Yaoloo, orangnya lumayan cantik ula, berjilbab dan keliatan anak baik-baik gitu. Si Dini curhat-curhatan sama gue jadinya, orangnya baik, pinter pula. Dini bilang : umur orang nggak ada yang tau ya Kum. Iya Din, yaolooo.. Nyesek juga gue gatau kenapa..

Nah, jadi bagi pemirsa WTP yang kurang tau bagaimana kasusnya, jadi begini..

Si Annisa yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan UI 2011, tanggal 6 Februari kan mau ke rumah sodaranya gitu ke Pademangan, Jakarta Utara. Nah, pokoknya dari Stasiun Jakarta Kota,  dia naik angkot U-10 jurusan Kalipasir-Sunter. Nah, berdasarkan cerita-cerita yang beredar nih, si sopir muter-muterin Annisa. Si Annisa takut donk, jangan-jangan diapa-apain. Nah dia telpon tantenya, laporan. Sama tantenya disuruh turun dan nantinya dijemput. Selang berapa lama gitu gabisa dihubungi si Annisa, nah terus tantenya dihubungi polisi kalo si Annisa ini pingsan.

Cerita masih berlanjut, jadi si Annisa ini saking takutnya karena hari mulai gelap dan hujan, sendirian pula di angkot, cewek berjilbab pula, dengan supir angkot berdua keluar dari trayek, otomatis lah ya si Annisa ini ketakutan. Ceritanya dia tuh nekat loncat dari angkot untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan gitu.
Annisa sempet dirawat di Rumah Sakit Pluit, tapi ntar dipindahin ke Rumah Sakit Koja. Nah di RS Koja itu Annisa meninggal tanggal 10 Februari 2013. Yaolooo... T^T

Nah, setelah beredar cerita itu, banyak masyarakat yang nuduh si supir angkot ini kejam dan segala macem kan. Nah, tapi beberapa hari setelah itu muncul berita-berita yang seakan-akan menerangkan realita yang terjadi pada saat itu.

Si supir angkot yang namanya Jamal, ini mengaku nggak berniat untuk menculik atau ngapa-ngapain Annisa. Dia ngakunya tuh, waktu penumpang udah turun semua, tapi Annisa ini nggak turun, dia heran donk, terus nanya Annisa mau kemana. Annisa bilang mau ke Pademangan, nah Jamal bilang kalo dia salah naik, harusnya jurusan yang sebaliknya. Jamal hendak ngebalikin Annisa ke Kota lagi biar Annisa bisa naek angkot yang bener. Kata si Jamal nih, Annisa udah dikasihtau kea gitu dan udah bilang iya. Nah makanya si Jamal nyante-nyante aja gituh.
Nah taunya, si Annisa ini loncat. Si Jamal kaget dan berhentiin angkotnya dan naek bajaj nganterin Annisa ke Rumah Sakit.

Nah, berdasarkan berita terupdate, masyarakat akhirnya berpaling pada Jamal pula. Apalagi setelah munculnya berbagai artikel perbandingan mengenai penahanan Jamal dan penahanan Rasyid Rajasa yang dinilai sangat tebang pilih dalam prosesi hukum.
Wahh, gue juga setuju nih jadinya setelah ada perbandingan kea gini. Akhirnya ada kuasa hukum yang mau membantu Jamal nih, mencoba membelanya, karena ia memang tak bermaksud berniat jahat, hal ini semua hanya kesalahpahaman.

Intinya, adanya kasus seperti ini merupakan pembelajaran bagi kita semua. Tetap tenang dalam segala situasi, jangan bertindak gegabah, selalu utamakan azas praduga tak bersalah, jangan selalu serta merta menuduh dahulu sebelum mengerti realitas sesungguhnya, serta berontak kalau ada ketidakadilan yang sangat kentara dalam hukum Indonesia.

Untuk Annisa semoga kamu damai di alam sana ya
Untuk keluarga Annisa maupun keluarga Jamal, yang sabar ya..

Ada yang ingin menambahkan ?

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At UI central Library
Working on his blog
15022013-18:37

No comments:

Post a Comment