Thursday, July 4, 2013

Kereta Api, Selimut dan Bantal

Cuy, tau kan kalo Author kalian ini sering banget naek kereta api ? Yah nggak sering-sering amat sih, cuman pas pulang kampung dan pergi kampung aja.. Wakaka pergi kampung.. :D
Yah, kondisi geografis yang memisahkan rumah dengan Universitas tercinta membuat perjalanan gue menuntut ilmu harus ditempuh dengan menggunakan alat transportasi yang satu ini, kereta api.


Kereta api menjadi pilihan utama, bukan pesawat ! Karena di Tulungagung tercinta tidak ada yang namanya Airport, adanya di Surabaya ato di Malang, jadi pilihan yang paling efisien adalah kereta api. Karena kereta api bisa menaikkan dan menurunkan gue di stasiun langsung. Secara kan di Tulungagung ada stasiunnya juga cuy, jadi jangan sekali-kali nanya "emang di Tulungagung ada stasiun ??". Hellooo, Tulungagung nggak se-pedalaman itu kali..

Yah, jadi begitulah, kereta api menuju Jakarta paling murah sekarang adalah 130ribu rupiah, kecuali ada promonya. Nah, menaiki kereta api kelas eksekutif di hari biasa dari Tulungagung menuju Jakarta maupun sebaliknya harganya 360ribuan, namanya Gajayana. Tapi biasanya sih 360ribuan lebih dikit gituu. Harganya memang berbanding dikit aja sih sama tiket pesawat, cuman kalo naik pesawat gue harus pergi ke Surabaya duluan, naek bis ke Surabaya tuh 17ribuan, abis itu naek Damri ke bandaranya, abis itu terbang yang cuma sejam-an kurang, tapi abis itu dari Soekarno Hatta harus naik Damri lagi ke terminal, biasanya sih Pasar Minggu, abis itu nglanjut naek bis ke arah Depok atau naik Commuter Line ke UI. Nah lhoh, muter-muternya itu lhoh yang bikin males naek pesawat. Beda kalo naik kereta api, gue dari rumah udah dianter ke stasiun naek mobil, jadi kopernya ditaroh bagasi, nggak bawa-bawa kesana-kemari, abis itu ke stasiun cuma berapa menit sih.. bentaran doank kan, trus naek kereta, tinggal duduk selama 14 jam udah sampe di stasiun Pasar Senen, atau Gambir. Dari sana tinggal muter bentar ke peron sebelah untuk naik Commuter Line, duduk manis dan cakep dan keren dan cool dan gorgeous dan imut dan unyu, sampe deh di Stasiun UI.

Nah jadi begitulah pemirsa artikel ini berakhir. Eh nggak !
Jadi itulah curhatan gue pemirsa, kereta api menjadi alat transportasi utama gue dan mahasiswa-mahasiswi ibukota lainnya yang berasal dari daerah jauh-jauh kea gue ini. -_-
Namun begitu, di dalam kereta api sendiri banyak suka dukanya pemirsa !

Yah salah satunya tentu karena durasinya yang lama.

Ya, kami ulangi sekali lagi, L-A-M-A

780km jarak Tulungagung - Jakarta tentunya wajar donk ditempuh dalam waktu yang lama pula. Apalagi kereta api ada jalurnya tersendiri yang berbelok-belok nggak langsung lurus sreeettt ke Jakarta. Dan juga dia harus berhenti di stasiun ini, stasiun itu, belum kalo nungguin kereta lainnya lewat pula. Oke, 14 jam di kereta tentunya menjadi santapan wajib para pengguna jasa transportasi ini. Cuy, nggak cuman itu ! Suramnya naik kereta api jarak jauh tuh kursinya lurus ! Bener-bener lurus dan nggak rest-able. Yang rest-able cuma yang kelas eksekutif ! Itu pun keluar kereta juga bakal tetep pegel-pegel !
Bener-bener 90 derajat lhoh sudut yang dibentuk alas duduk sama sandaran duduk kereta api kelas bisnis dan ekonomi / ekonomi AC.
Nah lhoh, kebayang donk 14 jam duduk kea gitu ?

Yang berikutnya, yang bikin gue heran adalah, AC.
Tau kan kalo kereta api bisnis Senja Singosari sekarang jadi kelas ekonomi AC tapi harganya sama aja dan tempat duduknya tambah nggak nyaman alias hadap-hadapan dengan kursi di depannya ? Tau kan ? Kalo nggak tau yaudah gue kasih tau..
Nah, berdasarkan opini gue sebagai pengguna jasa transportasi ini, gue nggak butuh AC. Malem hari tuh di dalem kereta udah dingin cuy, jadi nggak perlu deh AC yang digembar-gemborkan pihak pengelola kereta api ituh. Dan lebih heran lagi, di dalam kereta api disewakan bantal dan selimut cuy !
Ngerti nggak sih mirisnya di mana ?
Gini, gue ngerasa kalo pemberian kursi dengan model yang tidak nyaman itu disengaja supaya penumpang merasa tidak nyaman duduk dan beristirahat di kereta sehingga mereka akan menyewa bantal ! Dengan demikian uang tambahan akan mengalir..
Juga, gue ngerasa kalo kereta dari sore hingga pagi itu, yang sudah pasti melewati malam itu, yang kalo malem udaranya udah dingin banget itu, yang dipasangi AC itu, sengaja AC nya dipasang dan nyala di malam hari supaya para penumpang kedinginan, yang tentunya mendorong mereka untuk mengeluarkan duit mereka untuk nyewa selimut ! Dengan demikian uang tambahan akan mengalir, lagi..

Kenapa nggak dimatiin aja AC nya ? Kenapa nggak diempukin aja kursinya ? Kenapa harga tiketnya nggak dimurahin kalo fasilitasnya sama aja dan cenderung kurang berguna ? Kenapa harganya ekonomi dengan ekonomi AC bisa terpaut begitu jauh, hingga seratus ribu lebih padahal tambahannya hanya AC, yang tidak begitu kami perlukan karena malam hari sudah dingin ? Dan kenapa kursinya hadap-hadapan sih ? Kaki kami pasti bertubrukan satu sama lain dengan penumpang yang menghadap sebaliknya.. Ini harganya dua kali lipat kelas ekonomi lhoh.. ( Ekonomi 130an ribu, Ekonomi AC 270an ribu )

Yah ini protes dalam hati sih sebenernya terhadap jasa transportasi kereta api. Dan semenjak terpublish di WTP, protes dalam hati berubah menjadi kritik publik dari seorang pengguna jasa ini dan sifatnya membangun. Ingat cuy, membangun !
Semoga deh ada kebijakan yang lebih pro konsumen. Iya donk, lebih murah kek, atau lebih nyaman banget kek.. Hahaha, semoga saja deh..

Dan dengan demikian, artikel ini berakhir juga, yang ini sungguhan.
Sesuatu yang mengganjal di hati konsumen sudah selayaknya untuk diutarakan demi kebaikan kita semua, bukankah begitu pemirsa ? :p

thx to Okky ngingetin jarak TA-JKT
Wakakaka

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his home
Getting on the train again on 8th
04072013-20:38

2 comments:

  1. ini aku setuju lagi. sebagai pengguna kereta api, saya tidak butuh AC, tapi butuh kursi yang tidur-able, nyaman, empuk, nggak bikin encok, dan pas bangun dari tidur, muka bisa tetep seger kayak baru mandi. hahhaha.
    -vivi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi banget kan vi.. hahaha keanya butuh bikin petisi nih untuk KAI, dari seluruh pengguna jasa mereka ini :D

      Dan yang paling susah bagiku adalah KRL ga berhenti di pasar senen.. padahal kereta jarak jauhku berangkat dari sana.. harus susah payah dulu utk bisa kesana

      Delete