Tuesday, September 17, 2013

Vicky Prasetyo : Sebuah Fenomena Baru

Seperti yang pemirsa tau, mantan tunangan Zaskia Gotik ini sedang tenar-tenarnya. Yaah, tentu dengan kontroversi hati nya yang sangat memikat masyarakat Indonesia. Ada yang menganggapnya sebagai lawakan, ada yang menganggapnya suatu fenomena alam, ada juga yang prihatin dengan kondisi bapak Vicky ini.




Yak, gue sendiri ngerti fenomena ini dari media sosial Facebook. Di timeline ada temen gue yang nge-share video wawancara Zaskia dan Vicky ini dengan judul yang sungguh persuasif. Mana bisa gue tahan untuk nggak mencoba ngeklik video-nya kalau judulnya aja sangat menggelitik pikiran :
"Wawancara Kocak Zaskia Gotik & Vicky Prasetyo yg sok memakai bahasa INTELEK" 
Nah lhoh gimana coba kalian nggak tahan untuk nggak penasaran dengan 'kekocakan' yang ditawarkan oleh judul video tersebut ?
Dan pada akhirnya gue ngeklik juga link tersebut. Namun anehnya, meskipun judul video tersebut menjanjikan 'kekocakan', cuman gue setelah melihat video itu sampe selese, nggak ada tertawa-tertawanya sama sekali. 
Yak, gue nggak tertawa, hanya saja pemirsa, muka gue kurang lebih saat itu seperti ini :

OMG, ngok banget dah..
Apa-apaan dah itu si bapak ngomongnya, nggak nyambung sama sekali.
Pake istilah-istilah susah, dan penggunaannya nggak tepat. Ya, bukan hanya nggak tepat secara struktural dalam lingkup kalimatnya sendiri, tapi secara kontekstual juga nggak tepat karena dia lagi ngomong di konteks wawancara selebriti.. 
Iya lah ! liat tuh di videonya aja judulnya aja Zaskia dan Vicky : Pasangan selebriti.

Otomatis lah ya penonton infotainment tersebut adalah penonton dengan skala nasional, yang pasti orang yang berpendidikan SD sampe S3 melihat semuanya. Nah kalo dia udah tau dia berbicara di publik dengan menggunakan bahasa ngelantur, gimana bisa maksud omongannya sampai ke benak para penonton ? Para penonton~~ *nyanyi*

Ngok banget pokoknya ini bapak..

Trus gue jadi pengen bandingin, dengan kami yang anak-anak kuliahan jurusan filsafat. Yoi bro, kami di filsafat emang menggeluti term-term susah dan keliatan dewa yang sering dipake pak Vicky ini juga. Cuman bro, kami nggak segitunya kok, nggak dalam satu kalimat memuat 5 variabel term teknis susah kea gitu. Lagian, kalo kami ngomong di luar filsafat, kami nggak bakal ngomong yang dewa-dewa deh, soalnya kami sadar kalo pembicaraan orang filsafat dengan non filsafat nggak akan nyambung kalo pake bahasa filsafat. Intinya, penggunaan term teknis itu lebih baik digunakan di lingkup internal aja, ya kalo ngomongin hukum sama tukang becak ya agak dipermudah kalimatnya, kalo ngomongin harga cabe yang naik sama pedagang di pasar ya jangan sering-sering pake term ekonomi kea 'inflasi' ato apalah.. Yang penting : nyambung, komunikasi jalan.

Nah, yang terjadi kalo dipaksakan untuk tampil intelek dan akademis banget, ya malah diketawain tukang tempe pak..

Efek selanjutnya nih di masyarakat, uniknya malah jadi tren.
Sama kea tren-tren sebelumnya, di masyarakat sekarang utamanya di kalangan muda, gaya bicara jadi lucu-lucuan pake bahasa Vicky.. Pake kontroversi hati lah, labil ekonomi lah, kudeta lah.. Dan bagi sebagian orang, hal ini annoying.. banget...

Hahaha kalo gue sih ketawa aja denger tren ini merebak. Yah, buat lucu-lucuan aja.. Dan sebetulnya, gue kagum sama Vicky, karena dia berhasil bikin tren yang heboh kea gini.. Syukurlah deh si Zaskia terbuka mata batinnya.. Kalo mereka beneran jadi, apa kata dunia ? Hahahaha..

sekali lagi,
Hahahaha...

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At Ui central library
waiting for his class
17092013-12:27

No comments:

Post a Comment