Thursday, April 11, 2013

Tips Sukses SBMPTN 2013

Halo pemirsa WTP sekalian ! Tadi sore nih, ada adik kelas yang nanyain tentang tips sukses SNMPTN, atau yang kalo versi 2013 nya adalah SBMPTN. Nah, berhubung gue udah pernah merasakannya ya, bahkan dua kali ! Maka keanya asyik gitu ya WTP menghadirkan seri tips berikutnya setelah tips Raka Raki kemaren. Okelah, siapa tau tips ini bakal berguna, ya semoga aja. Tapi ingat ! WTP nggak menjamin kalian lolos SBMPTN 100% ya, semuanya ada di tangan kalian sendiri.. Jangan ntar ngadu ke Komnas HAM ya karena ngikutin tips WTP dan gak lolos.. -_-


Nah, meskipun gue jebolan SNMPTN Tulis ( SBMPTN kalo sekarang ) 2 tahun yang lalu, yang artinya gue bukan orang yang paling update tentang SBMPTN, tapi tetep lah ya gue juga pernah merasakan ujian mendebarkan tersebut. Eh tapi nggak juga sih kalo mendebarkan, biasa aja tuh gue. Huh, sorry ya, bagi gue gampang-gampang aja kok.. #kyaaa gue dilempari telur busuk !

Anyway, sebenarnya nggak ada resep rahasia di balik kesuksesan gue masuk PTN. Semuanya hanya karena resep dasar aja, basic banget : belajar, dan keberuntungan.
Ya iyalah ! Kecuali kalian mau melakukan praktek KKN, untuk lolos SBMPTN tentunya resep basic nya adalah belajar dan keberuntungan. Apa lagi ? Kalaupun berbagai Lembaga Bimbingan Belajar promosi ngasih metode ini itu, cara jitu ini itu, intinya tetep sama kok : belajar.

Nggak ada resep rahasia bagi gue untuk menghadapi Ujian kea gitu, resepnya tetep ada, tapi resep basic aja : belajar. Namun kalo kalian tetap memaksa gue untuk memberikan sebuah resep rahasia, gue nggak tau ya apakah ini bisa disebut resep rahasia atau nggak, emmm.. coba liat deh berikut ini :

1. Siapkan mental.
Mental ini bisa disiapkan jauh hari sebelumnya, bahkan ketika kalian baru lulus SMP dan masuk SMA. Wauww, yakali ada murid kea gitu. -_- Cuman, mempersiapkan mental ini cabangnya ada banyak. Ada yang dari segi agama, maksudnya mendekatkan diri pada Tuhan kalian masing-masing, supaya jiwa tenteram. Iya donk, agama kan fungsinya ketentraman jiwa, sudah sepantasnya kalian jadi agamis kalo pengen melewati berbagai ujian dengan tenteram. Ya kalo nggak mau beribadah sih silahkan aja, kalo nggak mendekatkan diri pada Tuhan tapi udah tentram-tentram aja yaudah silahkan..
Lalu yang kedua bisa dari segi psikologis. Nah, artinya disini, saling support sama  temen, memotivasi satu sama lain, supaya bisa lebih tenang dan optimis menghadapi jurang kegagalan, eh bukan dink, pelangi kesuksesan deh -_- Intinya jalin silaturahmi dengan teman-teman, sebaik mungkin ! Bisa jadi kan ini pertemuan kalian yang terakhir setelah bersekolah 3 tahun bersama dan akhirnya berpisah lantaran beda PTN.. Nah, koneksi ini juga jangan diabaikan ! Bisa dijadikan link buat contekan juga lhoh !
Yang berikutnya, siapkan penguasaan materi dengan baik ! Nah, ketika kita sudah merasa menguasai materi, tentu saja hal in membuat mental kita semakin optimis. Wah udah ngerti ini itu nih, gampang tinggal hapalin rumusnya aja trus nah jadi ! Hohohoho, kalau kondisinya udah kea gitu kan kita nggak perlu stress akut seperti gue sekarang kan.. Yaolo tugas kuliah T_T

2. Ubah mindset ! Biasanya, anak SMA itu kalo abis lulus SMA nggak langsung kuliah, pasti stress akut berkepanjangan. Artinya, udah stereotip gitu deh kalo abis lulus SMA ya kuliah. Nah, oleh karenanya banyak sekali anak-anak yang cenderung memilih PTN apapun dengan jurusan apapun terserah lah apa kata lo, asalkan mereka bisa kuliah ! Nah, nggak sedikit juga anak-anak yang ternyata nggak sesuai minat mereka dengan jurusan dan PTN asal-asalan mereka ini. Hanya lantaran satu hal : gengsi kalo nggak keterima kuliah.
Mindset ini yang perlu diperhatikan ulang. Abis SMA nggak perlu ngotot harus kuliah. Kalo misalkan gagal di PTN idaman, jangan takut dan minder untuk mengulang atau menunggu (pending) setahun atau berapa tahun (asal nggak bertahun-tahun aja sih -_-). Pengalaman nih ya, temen gue seangkatan 2011, dia pengen masuk PTN A, namun gagal di SNMPTN 2011. Ia pending setahun daripada maksa-maksain kuliah di PT ga jelas dan ga sesuai minat dia. Nah, tahun berikutnya ia coba lagi kan, dan akhirnya lolos. Telat setahun dua tahun sebenernya nggak begitu pengaruh kok sama output kebahagiaan kalian dunia akhirat, asalkan kalian menjalani kuliah kalian dengan sepenuh hati jiwa dan raga.. Hohohoho.. Bahkan, kalau kalian kreatif, sewaktu pending setahun dua tahun itu, kalian sambil kerja-kerja gimana kek, belajar-belajar gimana kek, bisnis-bisnis apa kek. Intinya : waktu pending dimanfaatkan bener-bener. 

3. Jaga kesehatan ! Waktu hari H malah diopname kan berabe juga donk. Jangan overdosis kalo belajar. Jangan begadang sampe malem tiap hari deh. Yaa meski biar bisa belajar dengan optimal, tapi kalo kalian sakit ya percuma aja donk. Kalian mau hidup kalian berakhir karena stress untuk 2 hari tes PTN itu ? Hidup masih panjang broo, dan tujuan hidup nggak cuma untuk SNMPTN ! Banyak jalan menuju ke  Jakarta, bisa lewat jalur udara, darat, maupun laut. Jadi untuk mencapai tujuan hidup : kebahagiaan, jalan yang ditempuh nggak harus dengan lolos SBMPTN ! Kalian kuliah di Universitas Swasta juga kalo dijalani dengan baik juga bakal menghasilkan buah yang manis kok..

4. Kalau belajar, belajarlah kelompok. Ini tips aja sih, soalnya bekerja dalam kelompok itu pasti memberikan wawasan yang lebih luas bagi para anggota kelompok. Tapii, dengan asumsi bahwa seluruh anggota kelompok berperan aktif sih, nggak ada yang kerjanya cuma nyampah gajelas.. -_-
Oleh karena itulah,pilih teman yang se-visi se-misi. Supaya belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Lumayan juga lah buat mempererat tali kasih.. Hihihi..

5. Kalo udah di dalem ruangan ujian, dengarkan baik-baik arahan dari panitia. Tentunya kita nggak mau donk gagal karena masalah teknis pengerjaan ujian. Jadinya mati konyol aja tuh kalo gagal SBMPTN karena kurang item waktu buletin jawaban. Nah, untuk itulah, peralatan ujian harus sudah siap sedia beserta cadangannya. Siapkan sehari sebelum, jangan 5 tahun sebelumnya !

6. Sedia barang-barang ini ketika ujian : air minum, pensil yang sudah diraut sempurna beserta cadangan, penghapus karet yang bersih beserta cadangannya, bolpoin beserta cadangannya, alas nulis yang bersih, serta JAM TANGAN ! yang terakhir nih penting banget keanya. Karena nggak semua ruangan ujian pasti difasilitasi dengan jam dinding, dan otomatis Handphone kalian nggak boleh digunakan ketika ujian lah ya. Jadi untuk mengetahui sisa waktu kalian, jam tangan sangat amat diperlukan. Semalem sebelumnya dicek juga, apakah jam nya berfungsi ato nggak. Jangan-jangan malah karatan, kan nggak keren juga ituh.

7. Meskipun sudah selesai dan tersisa waktu yang cukup banyak, jangan meninggalkan ruangan. Jangan deh plis jangan. Mending waktu yang kalian miliki digunakan untuk mengecek kembali jawaban, memikirkan kembali soal yang dilewati, membersihkan coretan-coretan kalo ada, dan bahkan : cari contekan ! hihihihi...

Okee, karena gue capek, mendingan kalian cari tips berikutnya di Om Google aja ya.. Daa.. segitu aja sih sementara ini, maklum lah, udah dua tahun yang lalu.. Udah nggak begitu in gitu deh feel nya.. -_-

Yah semoga bermanfaat aja sih buat kalian yang mau mengikuti SBMPTN 2013. Semangat yaaa ! :D


Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
Going to bathroom soon
11042013-20:06

No comments:

Post a Comment