Monday, February 25, 2013

Kiat Mengikuti Raka Raki Jawa Timur 2013 part 4 - final

Okeee, setelah akhirnya lama tak berkutat dengan blog lantaran asssignment dan project yang banyak serta males, akhirnya Author WTP mempersembahkan Kiat Mengikuti Raka Raki Jawa Timur 2013 last part ! Kali ini kita akan membahas bagian acara puncaknya yaitu di Panggung Grand Final, serta pasca Raka Raki. Okeee, mari kita check satu per satu.

  1. Ketika sudah diboyong ke tempat Grand Final, pastikan koper yang Anda submit ke panitia sudah benar ! Karena nantinya di panggung Grand Final Anda hanya akan gladi bersih, dandan ini itu, gabut nggembel di balik panggung, serta tampil memukau di acara puncak ! Apabila Anda tidak submit koper Anda dengan benar, maka Anda sudah pasti akan Zonky di sana.
  2. Jangan ragu untuk bertanya pada instruktor mengenai instruksinya yang kurang jelas. Biasanya di gladi bersih ini ada perubahan di koreografinya, karena menyesuaikan dengan kondisi lapangannya, tenang bukan lapangan sepak bola kok. Perhatikan dengan baik langkah Anda terutama bagi yang Raki. Karena panggung itu rentan menyebabkan heels Anda menyangkut di sela-sela. Baik itu sela panggung atau sela tangga. Intinya = watch your steps.
  3. Gunakan waktu istirahat dengan baik. Biarkan saja Anda tampil nggembel di balik layar. Selama waktu gladi bersih masih jeda, ada waktu untuk istirahat sholat makan langsung aja Anda manfaatkan untuk merawat diri Anda. Kalau sholat ya yang khusuk sholatnya, tapi jangan mendoakan peserta lain kena musibah terus nggak jadi menang ya. Doa yang wajar-wajar aja nggak usah yang sampe memohon menuntut Tuhan untuk memenangkan Anda.. Kalau ada waktu tidur, tiduran aja di kursi tunggu peserta, gembel banget nggak apa, ya emang kita gembel sih.. =_=
  4. Ketika tiba saatnya dandan, dandanlah dengan tepat, dan lebih baik dandan dulu. Jangan menunda waktu dandan. Biasanya sih ni yang Raka suka sok stay cool "ah ntaran aja lah kamu duluan aja", tapi sangat tidak disarankan untuk menunda-nunda waktu dandan. Untuk yang Raka juga, jangan jaim dengan make up ! Anggaplah ini memang tuntutan profesi, jadi Anda profesional aja nanggepinnya. Untuk yang Raki, biasanya udah seneng aja berdandan. Kalau mau make up sendiri, jangan juga ngomel-ngomelin tukang make up panitia yang makeup-innya kurang bagus. Elegan aja deh.. 
  5. Ketika tiba saatnya parade, jangan gugup. Manusiawi sih gugup, tapi jangan sampai gugup Anda menggetarkan panggung. Jangan juga sampe nangis di depan kamera. Gilak malu-maluin aja kalo keliatan gugupnya. Senyumlah dengan ramah dan tulus, nggak miring dan dibuat-buat kea peran antagonis sinetron aja.. =_= Selain itu juga jangan berdesak-desakan di balik tirai, jangan sampe keliatan sama penonton kalo kalian nungguin peserta yang di depan lagi tampil. Nanti takutnya malah keliatan penonton trus mereka bilang "hayoloo ketauan ngintip-ngintip.."
  6. Siapkan mental saat pengumuman 10 besar berlangsung ! Biasanya sih ekspektasi kita tidak akan sesuai dengan kenyataan yang ada. Namun hal ini sangatlah wajar di dunia kompetisi. Ingat, menang kalah itu hal wajar. Menang seneng itu wajar, tapi yang nggak wajar itu kalo masuk 10 besar terus lompat-lompat kegirangan trus air mata bahagia bercucuran sambil bilang makasih-makasih gitu. Kalah sedih itu juga wajar, tapi yang nggak wajar itu kalo pas diumumin 10 besar Anda nggak masuk di dalamnya, Anda tereak-tereak protes sama MC marah-marah karena peserta yang nggak layak justru malah masuk 10 besar.. =_= intinya = siapkan mental.
  7. Dukung teman Anda yang masuk ke babak berapa besar. Jangan malah di belakang panggung Anda nyolot dan menghina mereka yang sedang menjawab pertanyaan. Apalagi sampe ngejek "ih bego amat masa' jawab gituan gabsia, harusnya nih ya jawabannya tuh kea gini.." trus Anda ditimpuk konde sama temen-temen Anda..
  8. Ketika Raka dan Raki telah terpilih, ucapkan selamat. Tapi yang tulus dari hati ya, jangan ngomong selamat tapi bibirnya miring 45 derajat. Kalau mau foto,  fotolah. Jangan sampai Anda melewatkan momen istimewa sekali seumur hidup ini dengan perasaan dongkol. Tetap junjung tinggi kompetisifitas ( wakaka, maunya sih sportifitas, tapi kan bukan sports.. Hihihihi.. ) Stay cool dan elegan meskipun kalah. Kalo menang, jangan mengangkat piala Anda dan nonyol-nonyolin pialanya ke muka temen Anda yang kalah. Apalagi bikin kipas dari duit hadiah Anda trus dipake kipas-kipas di depan temen-temen Anda.. =_=
  9. Turun panggung dengan baik, silahkan berfoto sana sini untuk kenang-kenangan. Baik juga bila Anda menemui keluarga atau teman yang datang menonton. Ucapkan permohonan maaf karena hanya segitu yang bisa Anda capai. Tenang saja, pasti keluarga dan sahabat Anda akan tetap bangga pada Anda. Nggak bakal kok mereka dateng trus nonjok Anda sampe mimisan gara-gara nggak menang. Yah, biasanya sih nggak ada.. 
  10. Balik ke hotel, usahakan packing sudah beres. Foto-foto lagi deh sama temen-temen satu kamar. Inget, sekali seumur hidup lhoo. Jangan lupa ya untuk bertukar nomor Handphone dan kontak social media. Kalau sudah sampai di tahap farewell party, biasanya para peserta saling bertukar kartu nama dan cinderamata. Kalau Anda bawa (dan sebaiknya Anda bawa) bisa saling bertukar cinderamata, brosur wisata daerah setempat, serta peluk cium perpisahan.. Hihihihi..
  11. Pasca Raka Raki, usahakan selalu keep in touch dengan kegiatan Raka Raki dan para pesertanya. Jangan sampai lost contact atau nggak tau apa-apa tentang progress Raka Raki. Biasanya memang yang bertugas Raka Raki itu adalah para juara beserta para Raka dan Raki yang berdomisili di sekitaran Surabaya. Oleh karena itu, jangan takut bila kalah tidak akan bisa bertugas Raka Raki. Selempang Raka dan Raki Jawa Timur bisa dipakai oleh semua peserta Raka Raki. Jangan minder, selalu sedia setiap saat kalian dibutuhkan. Ingat, ini investasi juga buat masa depan Anda.
Sekiann. Demikian tips, kiat, saran dan segala macemnya tentang Raka Raki Jawa Timur. Teknis 2013 mungkin akan berbeda dengan artikel ini, namun yang perlu diingat adalah kiat dari part 1 sampe part 4 ini adalah saran pribadi dari seorang peserta Raka Raki Jawa Timur juga tahun 2012 lalu. Mungkin ada yang bisa diambil sebagai acuan, semoga bermanfaat. :D
Selamat mengikuti Raka Raki ya semuaaa :D

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his boarding room
Working on his blog
25022013-21:22

2 comments:

  1. yang nomer 2 ttg heels yg nyelip itu gue banget deh...
    sampek d pelototin sm raki Grace..
    untung pas GR doang..heehehhe

    oya, dlm dunia 'kedutawisataan' nggak ad tuh istilah mnang kalah. mrka yg dpt 'selempang tambahan' hnyalah mrka yg bruntung buat dpt bonus. mrka yg mnjalankan tugasnya sbaik mngkin sbg seorang duwis sejati baru yg dsbut Pemenang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nyelip dimana ? kalo melototin kea gmna ? serem banget ya :D

      Delete