Saturday, February 16, 2013

Article Review - Lulus Kuliah Cepet ?

Jadi awalnya, gue merasa banyak banget hal yang pengen gue lakuin. Barang yang pengen dibeli pun banyak. Namun untuk melakukan hal tersebut, serta membeli barang tersebut, gue butuh duit yang banyak pula. Duit yang banyak nggak bisa gue dapetin kalau gue nggak kerja nyari duit sendiri. Kalau mengandalkan kiriman orangtua, bakalan habis buat kebutuhan biologis tiap hari, kalaupun disisihkan beberapa persen pastinya masih bakalan lama banget terkumpul duit sekian.

Dan akhirnya gue berangan-angan untuk cepet-cepet pengen lulus kuliah. Sehingga bisa bekerja, mendapatkan uang sendiri secara mandiri, bisa lepas dari kehidupan kosan yang sungguh super membosankan, apalagi gue perantau jauh kan. ƪ(‾ε‾“)ʃ 
Okelah berarti gue harus segera menyelesaikan perkuliahan di tanah rantau ini dan segera enak-enakan ntar kerja dan dapet duit, sehingga meskipun pulang kampung bisa seenaknya karena nggak mikir urusan beli tiket pake duit mahal.. \(≧∇≦)/

Nah, setelah berpikir seperti itu otomatis lah ya jiwa googling muncul dan gue googling artikel mengenai problema gue saat ini. Dan gue menemukan sebuah artikel yang bikin gue berpikir dua kali untuk segera lulus dari Universitas Indonesia ini. Thanks berat buat penulis artikelnya, inspirasi banget. Pemirsa WTP bisa check di lokasi deh.

Setelah membaca dengan cermat, kondisinya hampir sama dengan kondisi gue saat ini. Meskipun gue baru kuliah semester 4 ini, tapi keinginan untuk lepas dari ketidakmandirian sangatlah kuat. Tapi setelah membaca artikel tersebut, keinginan untuk cepat lulus kembali surut. Gue jadi inget kembali kenapa gue dulu pengen dan ngebet banget pengen kuliah di UI. Kenapa dulu waktu SMA gue ngebet banget pengen cepet lulus dan kuliah aja jadi mahasiswa. Dan ternyata setelah harapan tercapai, harapan baru selalu muncul.

Dulu waktu SMP pengen cepet SMA, abis SMA pengen balik SMP, tapi ga mungkin kesampean jadinya pengen cepet lulus aja dan jadi Mahasiswa. Abis jadi Mahasiswa, pengen balik SMA aja, tapi nggak mungkin kesampean akhirnya pengen cepet lulus aja dan cari kerja.
Entah sampe kapan perputaran seperti itu berlangsung, tapi yang jelas setelah membaca artikel tersebut, gue sadar bahwa gue pernah melakukan kesalahan dengan "pengen cepet lulus SMA". Dan oleh karenanya gue nggak mau menyesal dengan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

Dulu gue waktu SMA menolak untuk dijadikan anggota OSIS, tapi sekarang udah nggak bakalan bisa jadi anggota OSIS, karena udah lulus. Sekarang gue nggak mau melewatkan kesempatan-kesempatan emas yang hanya bisa didapatkan selagi kuliah. Ya, sebelum lulus, harus gue eksploitasi dulu lah kehidupan kuliah. Mendaftar beasiswa ini itu, ikut lomba ini itu, belajar bener, nyari pengalaman dan lain sebagainya.

Sekali lagi thanks buat artikelnya ya mbak, bermanfaat.
Semoga gue nggak pudar semangatnya, sampe gue berhasil eksploitasi. Hihihi..

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At UI central library
Working on his blog
16022013-12:26


4 comments:

  1. good good, keliatan bijaksana. gue dulu pengen tuh lulus 3,5 tahun, tapi kalo gue pikir2, setelah lulus gue mau kerja apa, jadi gak pengen cepet2 lulus. tapi tetep ditarget sih, lulus paling lambat 4 tahun. gak boleh lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget beb, dulu gw jg pengen bgt 3,5 tahun. tapi di filsafat nggak memungkinkan lulus lebih cepet, jadi gw harus 4 tahun aja nggak kurang dan gak lebih.. heheheh berarti kita ntar lulusnya harus bareng lah ya :D

      Delete
  2. kata kakak gue, dinikmatin aja dulu yang ada, nikmatin masa2 kuliah. soalnya kalo udah kerja bakalan kangen.
    iya, tapi gak lebih dari 4 tahun. gue gak mau lulus bareng lu kalo lebih dari 4 tahun, gak mau jadi mahasiswa tua.hehehe
    berarti intinya lulus tepat waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue jg gamau lebih 4 tahun lah.. males aja donk, ngapain berfilsafat ria lama2.. hihihiih..

      Delete