Tuesday, March 5, 2013

Kebaya and Hanbok

Inspirasi artikel ini didapatkan via Diana. Ceritanya Diana tadi buka-buka buku Surat Kartini. Nah di dalamnya ada foto-foto perempuan jaman dahulu kala di Indonesia. Foto mereka tanpa ekspresi, rambut dicepol aneh gitu, terus pakai kebaya kejawen banget deh pokoknya. Mereka duduk bersama ketika difoto, dan ekspresinya kosong. Bener-bener kasian banget deh liat foto perempuan Indonesia jaman dulu.. -_-




Nah, terlintas di pikiran gue "seandainya penggunaan kebaya di Indonesia ini lebih dilestarikan dan dikelola dengan baik, pasti bisa seperti hanbok nya korea tuh"



Iya donk. Sekarang siapa sih yang nggak tau busana adat Korea Selatan ? Yang mengembang lucu warna warni ituuu. Pasti kita udah dikenalkan donk sama kebudayaan Korea Selatan beserta pakaian adatnya, tentunya via DRAMA KOREA. yang paling influencing nih, liat aja Jewel In The Palace, disana nggak cuman mengenalkan busana, tapi kebudayaan dan makanan !
Sejak booming Drama Korea tersebut, berbagai drama korea lainnya following up kan dengan promosi kebudayaannya. Nah, lewat industri ini juga, Korea Selatan berhasil menaikkan devisa negara mereka. Waoww, termasuk gue nih salah satu penggemarnya kok. =_=

Nah, balik lagi ke kasus kebaya. Sekarang ini yang memakai kebaya biasanya adalah orang yang berusia udah lanjut, sementara anak mudanya lebih seneng pake baju bukan kebaya => alasannya panas dan ribet.
Kasus berbeda kita lihat di Korea Selatan. Idols yang cewek-cewek tu, bahkan yang cowok juga, rame-rame pake busana tradisional mereka dengan bangga. Pas tahun baru lunar aja, mereka berbondong-bondong menyapa penggemar mereka dalam balutan busana tradisional. Nah lhoh, berbeda banget kan kondisinya sama di Indonesia.
Remaja Indonesia sendiri yang cewe-cewe nih kalo pake kebaya pasti bisa diitung deh kapan aja. Biasanya sih pas acara wisuda sekolah => most of them pasti lah ya..
Padahal menurut gue, seandainya penggunaan kebaya ini udah dikelola dengan baik, serta ada kebanggan besar dalam memakainya, tentu saja kemungkinan besar kita bisa promote kebudayaan kita just as South Korea did.

Panas pake kebaya ? Sekarang ini sudah banyak kebaya yang dimodif. Tentu saja membuat penampilan nggak terlalu kuno banget. Tapi meskipun kuno banget, kalau dibudayakan dan ada rasa bangga terhadapnya, kenapa nggak ? Bagus juga kok.

Nah, ini bisa jadi suatu saran nih, bagi masyarakat maupun Kementerian terkait dalam pelestarian kebudayaan kita. Siapa tau beberapa tahun ke depan ketika kita sudah mulai cinta banget sama kebudayaan kita, foto pake kebaya tuh udah jadi kegemaran para wisatawan asing.. :D

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At UI central library
Working on his blog
05032013-13:35

No comments:

Post a Comment