Thursday, January 24, 2013

Rupiah Redenomination

Penyederhanaan nilai mata uang rupiah akhirnya diresmikan cuyy... Hahaha, setelah berbagai pembahasan di beberapa tahun kemaren, akhirnya baru-baru ini sudah diresmikan program redenominasi rupiah ini. Woohoo.. dulu, gue seneng banget ada isu pemotongan 3 digit angka rupiah kan, soalnyaa, keren gitu lhoh, kea di luar negeri.. Hahaha..

Nah ceritanya, setelah membaca koran hari ini, redenominasi rupiah sudah diresmikan oleh Kemenkeu dan BI. Nah, targetnya nih, 6 tahun ke depan, kira-kira tahun 2019, sudah ganti deh dari 100.000 jadi 100 rupiah. Nah, masa transisi dan sosialisasi ini, berlangsung selama 6 tahun, kira-kira dari 2014 sampe 2019. Nah, siap-siap membiasakan diri aja nih buat kita-kita, soalnya taun 2019, uang 100 rupiah adalah uang yang bernilai mahal.. Hahaha..

Beberapa permasalahan sudah diantisipasi oleh para pejabat terkait, dari risiko harga naik secara besar-besaran, gejolak di masyarakat yang pastinya agak susah menerima perubahan baru ini, terjadi krisis di masa transisi, kebutuhan biaya untuk sosialisasi, serta pencetakan uang baru.
Yaiya donk, dari SD kita udah dididik tentang duit juga kan, kalau 10.000 rupiah tiba-tiba jadi 10 rupiah, otomatis kurikulum juga harus menyesuaikan, sebagai salah satu sarana sosialisasi sejak dini.
Nah, kendala juga nih buat ke depannya, kalau saudara-saudara kita yang di pelosok diharuskan menerima peubahan ini, susah juga donk mereka nerimanya, most of them kan tingkat pendidikannya kurang.. Nah, sosialisasi lebih digenjot nih disana..

Terus, di berbagai media juga sudah dibahas agar toko-toko tuh ngasih double price tag. Jadi selama masa transisi mereka harus ngasih transparansi harga dengan menampilkan harga sebelum diredenominasi dan setelah diredenominasi. Supaya risiko pembulatan harga ke atas bisa diminimalisir dan tidak merugikan masyarakat.
Iya donk, kalau duit 1 rupiah, yang sebelumnya 1000 rupiah, naik ke atas kan susah ngasih plus-plusnya. Ntar gimana donk kalau kita biasanya parkir bayar gopekan, trus karena nominal terkecil 1 rupiah, jadinya kita bayar parkir jadi lebih mahal donk.. -_-
Semoga aja deh ada pecahan sen-sen-an, biar yang berharga gopekan masih bisa ditransaksikan.. 

Dan dengan begitu, penjual jasa fotocopy gimana donk ya ? Kalau biasanya gue ngeprint makalah yang biasanya 2 lembar = 200 rupiah, nah setelah diredenominasi jadi nol koma donk... Nah, sekali lagi, semoga nanti ada sen-sen-an deh ya.. -_-
Dan juga, kalau biasanya harga di toko-toko tuh belakangnya 999, nantinya dibulatin ke atas jadi berapaan ya..

Hmm.. awalnya sih seneng karena bisa keren seperti di luar negeri. Ya donk, kalau nanti sudah mantep, 1 USD yang sekarang 10.000an, nantinya jadi 10 rupiah donk.. Keren aja keanya, meski nilai intrinsiknya nggak berubah, tapi ngeliatnya di bursa saham atau pergerakan kurs internasional rasanya keren aja.. Hahahaha..
Tapi itu dulu, nah, sekarang setelah sudah diresmikan, kok jadi agak-agak takut ya.
Soalnya dalam masa transisi dan sosialisasi pastinya bakal terjaid banyak kesalahpahaman dan mistakes. Takutnya nanti duit terbuang percuma dalam jumlah besar, terus krisis ekonomi deh.. Karena pada bingung semua.. Jadi takut kelaperan deh gue.. -_-
Yah semoga lancar-lancar aja deh ya nantinya..

Hmm..

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his home
Thinking nothing
24012013-19:54

No comments:

Post a Comment