Thursday, January 3, 2013

Tulis Nusantara Writing Competition

Beberapa waktu yang lalu, aku mengikuti lomba ini. Lomba menulis Tulis Nusantara.
Detil lombanya kea apa ga penting lah ya, kalo mau tau, cari aja di google tuh.

Intinya, yang membuatku tertarik mengikuti lomba ini adalah... tentu saja duitnya !

Gilak, hadiahnya sampe 20 juta cuy !
Untuk lomba menulis, ini mah hadiah yang super gede lah ya kalau ukuran Indonesia.
Nggak heran juga sih, yang ngadain juga si Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, masa' iya Kementerian ngasih hadiah yang abal-abal sih.

Nah inilah tantangannya. Berhubung hadiahnya yang sungguh sangat menggiurkan sekali pake banget, tentunya peserta lomba bakal membeludak. Apalagi masing-masing peserta bisa ambil 3 kategori sekaligus.
Nggak ada ruginya juga sih kalau menurutku, gratis kok ikutnya.
Tinggal kirim email, kalau menang syukur alhamdulillah manjat monas tereak sekenceng-kencengnya, tapi kalau kalah juga nggak papa, nothing to lose sih..

Itulah pemikiranku saat itu.
Iya aku tau, kalau aku belum pernah ikut lomba-lomba kea gini.
Penulis ? Bukan, I'm an amateur.
Tapi kenapa nekad sih ?
Yaudah sih karena itu tadi, nothing to lose.

Tema lombanya sih juga agak-agak paham. Soalnya temanya Menangkap Ragam Kehidupan di Indonesia. Sebagai duta wisata, begitu tau kalau yang ngadain Kementerian "Pariwisata", otomatis donk aku juga paham kalau karya yang diloloskan tentunya digunakan untuk promote Indonesia inward atau outward. Paham banget lah itu aku.

Sudah lama sih mengetahui lombanya, namun entah kenapa aku mengerjakannya deadline banget. Yah namanya juga deadliner sejati ya. Beneran sumpah ngerjainnya asal-asalan, yang penting ikut. Ngerjainnya aja di hari terakhir pengiriman naskah. 15 Desember kalau nggak salah.

Nah, aku ngirimnya tuh bener-bener mepet. Jam setengah 12 baru dikirim. ( Deadline 15 Desember jam 12 malem tuh ).

Nyampah banget ga sih ? Dan dari gelagatnya juga nggak bakalan bisa masuk nominasi sekalipun. Yah tapi prinsipku tetap : Aku tau aku bakalan sulit menang, saingannya kan bejibun, bahkan pastinya banyak penulis pro yang ikutan. Tapi paling nggak, aku bisa melatih penulisanku, paling nggak aku pernah ikutan lomba, dan paling nggak, aku telah menghalangi mereka-mereka dalam merebut uang 20 juta itu. Hahahaha.

Oh tentu saja. Aku nggak akan membiarkan kalian mendapatkan uang itu dengan mudah. Aku ikutan aja tuh ya, biar semakin banyak saingan mereka. Hahaha.

Dan in the end, memang cerpenku yang mengangkat budaya Mudik ini juga nggak menang. Just I expected.
Padahal sedikit ngimpi juga tuh, bisa beli banyak barang dengan duit 20 juta.
Hahahaha.
Tapi sisi positifnya sih yang aku dapetin.
Dari sini, aku jadi pengen ikutan lomba-lomba menulis lagi.
Jadi, next competition, wait for me !


Hyaaa.. Mau ngumpulin duit !

Written by :
Kumara Ranudihardjo
At his sleepy state
At his home
03012013-23:46

2 comments:

  1. Kum, kalo ada info semacam ni share dong, mau juga nambah saingan n halang2 in kamu buat brusaha jadi juara. Lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. no way ! km hanya akan jadi penghalang bagiku untuk menghalangi penghalang - penghalan yang lain ! hahahha..
      btw thanks for visit dink.. blog km dah ak follow jugak tuh :D

      Delete